BAHASA INDONESIA ENGLISH

Berita Terkait

Pelaksanaan Sosialisasi Sistem Informasi Potensi Investasi Daerah (SIPID) – BKPM RI di Yogyakarta

Kategori : Investasi Ditulis : Kamis, 06 Juli 2017 Oleh : jogjainvest Dibaca Sebanyak : 1897 kali

BKPM RI sejak tahun 2004 telah mengembangkan Sistem Informasi Potensi Investasi Daerah (SIPID) yang merupakan sarana publikasi berbagai potensi investasi daerah dengan menyajikan informasi mengenai potensi daerah, peluang usaha serta sarana prasarana pendukung investasi yang ditawarkan daerah kepada calon investor. Adanya Sistem Informasi Potensi Investasi Daerah (SIPID) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan layanan kepada calon investor terutama dalam hal pemberian informasi potensi investasi secara lengkap dan update. Investasi yang meningkat diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sistem Informasi Potensi Investasi Daerah ini diupayakan terus diupdate oleh Pemerintah Pusat; dalam hal ini BKPM RI. Tahun ini kegiatan sosialisasinya diadakan di Yogyakarta, di Hotel Grand Tjokro pada tanggal 22 – 24 Mei 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat daerah bidang penanaman modal seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Potensi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI) dan dibuka oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Promosi Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY, Drs. Sinang Sukanta, M.Si. Dalam sambutan pembukaannya diungkapkan bahwa penyediaan informasi bagi calon investor tidak dapat kita pungkiri akan menghadirkan hambatan dan tantangan tersendiri bagi personel Perangkat Daerah Provinsi di Bidang Penanaman Modal. Dimulai dari kurang lengkapnya data, ketidaksesuaian data yang tersedia dengan data yang dibutuhkan, minimnya sarana dan prasarana, belum digunakannya teknologi informasi secara optimal, serta minimnya kualitas SDM merupakan segelintir permasalahan dalam proses penyediaan informasi potensi investasi. Padahal di satu sisi, mencari informasi potensi investasi serta sarana dan prasarana pendukungnya merupakan salah satu hal penting yang dilakukan pada proses awal bagi seorang calon investor sebelum memutuskan akan berinvestasi di suatu wilayah. Sebuah database yang berisikan seluruh informasi tersebut dari seluruh wilayah Indonesia akan sangat memudahkan bagi seorang calon investor yang ingin berinvestasi di Indonesia. Penggunaan teknologi informasi merupakan sebuah keharusan di era globalisasi ini.

BKPM RI telah menyediakan sarana publikasi berupa layanan informasi potensi investasi daerah bagi calon investor berbasis IT (melalui jaringan internet) yang disediakan untuk seluruh wilayah di Indonesia melalui regionalinvestment.bkpm.go.id. Komitmen pemerintah pusat ini harus disambut dengan baik oleh aparat pengampu tugas pada Perangkat Daerah Provinsi di Bidang Penanaman Modal. Dengan adanya sistem ini akan sangat membantu dalam berpromosi dan memberikan informasi terkait potensi investasi yang dapat membantu calon investor dalam membuat keputusan bisnisnya. Harapan yang ingin dicapai adalah mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah melalui peningkatan investasi dengan memberikan informasi yang lengkap, tepat serta up-to-date kepada calon investor.

SOSIALISASI SISTEM INFORMASI POTENSI INVESTASI DAERAH (SIPID) yang diselenggarakan oleh BKPM RI ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh perangkat daerah terutama dalam hal ketersediaan informasi bagi dunia usaha terkait potensi investasi. Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan prima kepada investor dalam hal penyediaan informasi berbasis teknologi informasi. (jogjainvest)