BAHASA INDONESIA ENGLISH

Berita Terkait

  • Ditulis : Rabu, 25 Januari 2017 Oleh : Jogja Invest
    Duta Besar Austria untuk Indonesia Helene Steinhausl berkunjung ke Yogyakarta bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kepatihan, Selasa 24 Januari 2017. Dalam pertemuan tersebut disampaikan beberapa hal termasuk hubungan kerja sama ....
  • Ditulis : Senin, 13 April 2015 Oleh : JOGJA invest
    Satu lagi wisata alam yang bisa wisatawan nikmati di Gunungkidul. Seiring dengan menggeliatnya kunjungan wisata pemkab gunungkidul membangun satu embung yang di berinama embung batara sriten di Pilangrejo Nglipar. Embung Batara Sriten berada di ketinggian 896 meter di ....
  • Ditulis : Rabu, 03 September 2014 Oleh : Kontributor Gunungkidul
    Untuk menyambut tim dari United NationsEducational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) milik Persatuan Bangsa-Bangsa. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membuat papan penanda bertuliskan Welcome to Geopark Gunungsewu. Bahan bangunan ....
  • Ditulis : Senin, 14 Oktober 2013 Oleh : JOGJA Invest
    Bertempat di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa pada 16–17 Oktober 2013 nanti Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya dan Bidang Industri Kreatif dan MICE Kadin Indonesia akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Ra ....
  • Ditulis : Senin, 30 September 2013 Oleh : JOGJA Invest
    Yogyakarta tahun ini terpilih sebagai tuan rumah APEC Youth Summit 2013, yang diselenggarakan pada 1 Oktober 2013 di Hyatt Regency Hotel. Pada hari Senin (30/9) malam, Junior Chamber International Indonesia (JCII) menyambut seluruh peserta APEC Youth Summit 2013 denga ....

Kalibiru, Alam Berbicara

Kategori : Pariwisata dan Budaya Ditulis : Sabtu, 15 Maret 2014 Oleh : JOGJA Invest Dibaca Sebanyak : 36312 kali

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada pada ketinggian 450 m dpl dan terletak di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasi kawasan wisata ini adalah di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Menuju kesana cukup mudah karena papan nama yang menunjukkan ke lokasi desa wisata sudah terpasang dengan jelas dan rapi. Sehingga, kita bisa menuju Kalibiru tanpa harus tersesat.

Wisata Alam ini dibangun atas inisiatif masyarakat di sekitar hutan Negara yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat di sekitar hutan dalam memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Pada tahun 1950-an, Kalibiru merupakan hutan lindung yang belum dijamah manusia. Namun seiring berjalannya waktu, banyak pembalakan liar terjadi di Kalibiru. Sampai pada tahun 1997 Kalibiru menjadi hutan yang tandus dan gersang. Oleh sebab itu warga sekitar kemudian berinisiatif mengelola Kalibiru untuk membuat hutan itu kembali hijau dan sejuk. Melalui Komunitas Lingkar, masyarakat sekitar mengubah Kalibiru yang tandus dan gersang menjadi hijau dan sejuk. Setelah lima tahun dikelola oleh masyarakat, jumlah dan pertumbuhan tanaman di Kalibiru meningkat pesat. Ditemukan juga beberapa mata air.

Sejak 14 Februari 2008 hutan ini secara resmi dikelola masyarakat selama 35 tahun dengan adanya Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan. Diawali dengan membangun jalan setapak kemudian pembangunan berbagai fasilitas lain seperti cottage, jogjo pertemuan, sarana MCK, gardu pandang, dan fasilitas flying fox. Kini Kalibiru membalas budi masyarakat yang telah merawatnya dengan menjadi hutan wisata yang indah.

Masyarakat yang secara bahu-membahu mengelola hutan wisata Kalibiru juga mempunyai komitmen untuk menjaga lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari infrastruktur bangunan di Kalibiru. Tak ada satu bangunan pun yang berbahan beton. Semuanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti bambu atau kayu dan dirancang sesuai arsitektur Jawa kuno. Berbagai bangunan yang disediakan sebagai fasilitas pengunjung di Kalibiru antara lain pondok wisata, gardu pandang, joglo, sampai perpustakaan. Selain itu terdapat pula area outbond, jalur tracking, dan lintasan flying fox.

Tidak hanya itu, Pemkab setempat juga mendukung keinginan warga kali biru untuk menjadikan desa mereka sebagai Tujuan Wisata bagi para pencinta alam, naturalis, penyuka tantangan dan suasana kampung jawa.  Sejak 2009, sah lah desa Kali Biru menjadi salah satu tujuan wisata di sekitar kota Wates, Kulon Progo – Yogyakarta.

Salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang asri yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan mempesona.

Jika cuaca cerah, dari balik hutan Kalibiru kita dapat melempar pandangan  sampai gunung Merapi, pantai selatan, dan Waduk Sermo. Karena berada di perbukitan yang cukup tinggi, Kalibiru sejuk dan udaranya jernih tanpa polusi. Tentu hal ini menjadi nilai lebih bagi pengunjung yang berasal dari perkotaan yang sehari-hari menghirup udara kota yang kotor.

Selain bentang alamnya yang indah oleh paduan hutan yang hijau dan perbukitan, sosial budaya masyarakat sekitar Kalibiru juga menjadi daya tarik dengan suasana masyarakat Desa yang ramah, santun, yang masih kental dengan rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan, yang masih mempertahankan beraneka ragam seni budaya tradisional. Suasana ini mampu menimbulkan rasa tenang dan nyaman sehingga mampu menghadirkan eksotisme yang khas bagi pengunjung.

Di Kalibiru tersedia berbagai paket wisata, diantaranya wisata perdesaan, budaya, pendidikan, keluarga, terapi alam, dan lain-lain. Untuk masuk ke hutan wisata Kalibiru, pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp. 2000,- Dan untuk menikmati desir adrenalin di lintasan flying fox, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru antara lain: Outbound, Training, Wisata Pedesaan, Wisata Budaya, Wisata Pendidikan, Wisata Keluarga, Wisata Trekking, Off-Road, Down Hill, Wisata Terapi Alam, dan lain-lain.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan diantaranya adalah treking. Jalur yang bisa ditempuh sangat beragam, mulai dari 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Khusus untuk trek 7 km, kita bisa melihat Waduk Sermo dari jarak dekat. Saat treking melalui jalan setapak, sewaktu-waktu Anda bisa melihat bermacam hewan langka seperti Elang Jawa, ayam Alas, Landak, Celeng, bahkan Harimau Jawa serta Harimau Kumbang. 

Bagi yang pengin menaikkan adrenalin dengan flying fox, pengelola juga menyediakan jalur dengan dua pilihan yaitu 50 meter dan 85 meter. satu kali meluncur dipatok Rp. 10 ribu bagi dewasa, dan Rp. 5 ribu untuk anak-anak. Sarana flying fox, saat ini hanya ada setiap hari Minggu jam 08.00-16.00 WIB.

Fasilitas lain seperti cottage dan pendopo juga disewakan. asumsi harga untuk cottage berkisar antara Rp. 120-125 ribu. Pendopo Rp. 150 ribu, makan Rp. 10 ribu/satu kali makan, parkir motor Rp. 3 ribu, parkir mobil Rp. 5 ribu, sewa kasur Rp. 5 ribu/24 jam, dan tiket masuk per orang Rp. 2 ribu.

Lokasi Wisata Kalibiru juga memiliki 4 Menara Pandang, yang di tempatkan di titik-titik tertentu, yang memungkinkan kita untuk dapat menikmati panorama yang berbeda. Kita bisa menikmati Bukit Manoreh, Waduk Sermo, Kota Jogjakarta, Wates, Laut Selatan dan tentunya Sunset dan Sunrise

Kali Biru juga menyediakan sensasi alami untuk lidah dan Jiwa. Kita akan disambut dengan keramahan yang tulus dan alami dari penduduk sekitar yang notabene.  Kita dapat menikmati sajian yang benar-benar ndeso, nasi putih pulen dan hangat dengan lele goreng plus sambal khas jawa, sayur daun singkong, sayur rebung  dan  minuman khas “Legen” yang berasal dari pohon kelapa.

Sumber:
http://kalibiru.blogspot.com/
http://kotajogja.com/wisata/index/Desa-Wisata-Kalibiru
http://gudeg.net/id/directory/15/1885/Desa-Wisata-Kalibiru.html
http://samsury-sites.blogspot.com/2013/06/nuansa-alam-nan-exotic-kalibiru.html
http://budiuzie.wordpress.com/2011/01/06/kali-biru-suasana-kampung-buat-pencinta-tantangan
http://yogyatrip.com/outbond-dan-wisata-hutan-kalibiru/


 1 2 3  Next >   Last >>