BAHASA INDONESIA ENGLISH

Berita Terbaru

Kerjasama Domestik

ERJA SAMA DALAM NEGERI

PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TAHUN 2013-2017

 

Kerja sama Daerah telah menjadi amanah konstitusi yang secara jelas diatur dalam Undang-Undang Nomor. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Kerja sama daerah dilaksanakan khususnya dalam rangka mencapai tujuan Otonomi Daerah yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat serta daya saing Daerah. Dalam menjalin kerja sama dengan daerah lain, penanganan kerja sama dilaksanakan dengan membangun jejaring yang efektif agar pelaksanaan implementasi kerja sama dapat berjalan sesuai sasaran dan saling menguntungkan.

KERJA SAMA ANTAR DAERAH

Pada Periode tahun 2013 – 2017 Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta telah menjalin kerja sama dengan 20 mitra kerja sama dari Pemerintah Provinsi lain dan Pemerintah Kab/Kota baik di DIY maupun luar DIY sebagai berikut:

1) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam bidang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat, Pemeliharaan dan Perapatan Pilar Batas, danPenanaman Modal.
2) Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam bidang Kepariwisataan, Kehutanan, dan Perikanan Kelautan.
3) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam bidang Perikanan, Pengembangan Sumber Daya Manusia aparatur, Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perdagangan dan Koperasi, Pariwisata, Sosial, Pendidikan, dan Penanaman Modal.
4) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam bidang Perpustakaan.
5) Pemprov. Jateng, Pemprov, Jatim, Kab. Gunungkidul, Kab. Wonogiri, dan Kab. Pacitan dalam bidang Pengembangan dan Pelestarian Gunung Sewu Unesco Global Geopark di bidang Pariwisata dan Pendidikan.
6) Pemprov. Jateng dan Pemprov, Jatim dalam bidang Pengembangan dan Pelestarian Gunung Sewu Unesco Global Geopark di bidang Energi Sumber Daya Mineral.
7) Kota Yogyakarta, Kab. Sleman dan Kab. Bantul (Kartamantul) dalam bidang Pengelolaan dan pengembangan sarana dan prasarana air limbah domestik sistem terpusat, dan Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Persampahan Regional.
8) Pemkab. Sorong tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah.
9) Pemkot. Yogyakarta tentang Kerjasama Penuntasan Penduduk Buta Aksara.
10) Pemkab. Sleman tentang Kerjasama Penuntasan Penduduk Buta Aksara.
11) Pemkab. Bantul tentang Kerjasama Penuntasan Penduduk Buta Aksara.
12) Pemkab. Kulon Progo tentang Kerjasama Penuntasan Penduduk Buta Aksara.
13) Pemkab. Gunungkidul tentang Kerjasama Penuntasan Penduduk Buta Aksara.
14) Pemkab. Bulungan, Kalimantan Utara tentang Penyelenggaraan Transmigrasi di Kawasan Transmigrasi Kab Bulungan, Kaltara.
15) Pemprov. Sulawesi Tenggara tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah.
16) Pemkot. Banjar Baru tentang Penyelenggaraan Pengukuran Kompetensi.
17) Pemprov. Sumatera Barat tentang Penyelenggaraan Transmigrasi.
18) Pemprov. Aceh tentang Penyelenggaraan Transmigrasi.
19) Pemprov. Sulawesi Utara tentang Penyelenggaraan Transmigrasi.
20) Pemkot. Samarinda tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia.

 

KERJA SAMA DENGAN PIHAK KETIGA

Pada Periode tahun 2013 – 2017 Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta juga menjalin kerja sama dengan 45 mitra kerja sama dengan pihak ketiga sebagai berikut:

1) KADIN DIY dan UGM Yogyakarta tentang Kerja Sama Optimalisasi Sinergi Tiga Pilar (Triple Helix) untuk Percepatan Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat DIY. 
2) ISI Yogyakarta tentang Kerja Sama dalam Peningkatan, Pengembangan, dan Pemberdayaan di Bidang Seni dan Budaya.
3) PT. Medco Inti Dinamika, dan PT. Len Industri (Persero) tentang Kerja Sama Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dan Teknologi Surya.
4) PT. Badan Penerbit Kedaulatan Rakyat tentang Kerja Sama dalam Program Digitalisasi Koran Terbitan Surat Kabar Harian “Kedaulatan Rakyat” Sebagai Arsip Bersejarah.
5) UGM Yogyakarta tentang Kerja Sama Dalam Peningkatan, Pengembangan, Dan Pemberdayaan Sumber Daya Berbagai Aspek.
6) Kemenkumham RI tentang Kerja Sama Penghormatan, Pemenuhan Perlindungan, Penegakan, & Pemajuan HAM di DIY.
7) APTISI Wilayah V DIY tentang Kerja Sama Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan DIY sebagai pusat pendidikan terkemuka.
8) Badan Standardisasi Nasional tentang Pembinaan & pengembangan Standardisasi serta Penilaian Kesesuaian di DIY.
9) PT. Bank Syariah Mandiri tentang Pemberdayaan UMKM dan IKM di DIY.
10) PT. Microsoft Indonesia tentang Pengembangan Jogja Cyber Province di DIY.
11) POLDA DIY tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Umum di Wilayah DIY.
12) BNNP DIY dan POLDA DIY tentang Pencegahan dan Penanggulangan Terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di DIY.
13) Kejaksaan Tinggi DIY tentang Komite Bersama Desk Kajian Kebijakan Daerah (DKKD) di Pemerintah Daerah DIY.
14) Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI tentang Pilot Project Penerapan Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan pembentukan C-SIRTdi Unit Kerja Pemda DIY.
15) Badan Ekonomi Kreatif tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di DIY.
16) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional tentang Pemanfaatan Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa untuk Mendukung Program Pembangunan di DIY.
17) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tentang Kerja sama penelitian dan pengembangan di bidang konservasi dan diversifikasi energi di DIY.
18) PT Bank Negara Indonesia Tbk tentang Pemberdayaan Masyarakat berbasis program Ramah Lingkungan.
19) POLDA DIY, Pemkab Kulon Progo, Pemkab Bantul, Pemkab Gunungkidul, Pemkab Sleman, dan Pemkot Yogyakarta tentang Proses seleksi administrasi kependudukan calon anggota POLRI dan Calon aparatur sipil Negara POLRI.
20) Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI tentang Kegiatan Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Mendukung Program Pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
21) ABA Sinema tentang Pengelolaan Perpustakaan, Pengembangan Koleksi Digital & Pelayanan Perpustakaan.
22) Akbid Ummi Khasanah tentang Pengelolaan Perpustakaan, Pengembangan Koleksi Digital & Pelayanan Perpustakaan.
23) Institut Teknologi Yogyakarta tentang Pengelolaan Perpustakaan, Pengembangan Koleksi Digital & Pelayanan Perpustakaan.
24) Akademi Seni Rupa & Disain MSD Yogyakarta tentang Pengelolaan Perpustakaan, Pengembangan Koleksi Digital & Pelayanan Perpustakaan.
25) Politeknik Kementerian Kesehatan Yogyakarta tentang Pengelolaan Perpustakaan, Pengembangan Koleksi Digital & Pelayanan Perpustakaan.
26) 34 lembaga pendidikan dan perpustakaan di DIY tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Informasi Jogja Library for All di DIY.
27) PT KAI, Pemkot Yogyakarta dan Kraton Yogyakarta tentang Revitalisasi Kawasan Stasiun Tugu dan Pengembangan Pedestrian di Kawasan Malioboro.
28) POLDA DIY, KOREM 072, KEJATI DIY, dan BID tentang Penghentian Kekerasan Fisik Dalam Rangka Penanganan Konflik Sosial di DIY.
29) PT Bank Rakyat Indonesia tentang Pembayaran Tiket Bus Trans Jogja dengan sistem Kartu Elektronik Pra-Bayar “BRIZZI”.
30) PT Bank Central Asia Tbk tentang Pembayaran Tiket Bus Trans Jogja dengan sistem Kartu Elektronik Pra-Bayar “FLAZZ”.
31) BPOM RI tentang Kerja Sama Pengawasan Obat dan Makanan Terpadu.
32) BATAN RI tentang Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir dalam Pembangunan Daerah di DIY.
33) Kementerian PU, Pemprov. Jateng, Pemkab. Purworejo, Pemkab. Wonosobo, Pemkab. Kebumen, dan Pemkab Kulon Progo tentang Pembangunan Bendungan Bener dan Jaringan Pemanfaatannya di Kab Puworejo, Kab Wonosobo dan Kab Kebumen Prov Jateng serta Kab Kulon Progo.
34) BASARNAS RI tentang Pelayanan Pencarian dan Pertolongan / Search and Rescue (SAR) kepada Masyarakat.
35) Kementerian Perhubungan RI tentang Pembangunan Transportasi Kereta Api Perkotaan Yogyakarta.
36) PT Bank Rakyat Indonesia tentang Pemberdayaan Usaha Kecil dan Koperasi melalui Pinjaman Kemitraan BRI.
37) BPD DIY tentang Pelayanan Penerimaan dan Pembayaran Iuran Peserta Mandiri JAMKESTA DIY melalui Bank Pembangunan Daerah DIY.
38) Persatuan Insinyur Indonesia tentang Inovasi Teknologi, Kerekayasaan untuk Pengembangan Infrastruktur, Industri dan Investasi bagi Nilai Tambah Tinggi Pembangunan Daerah.
39) PT Telkom Indonesia Tbk tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mewujudkan Program Digital Government Services.
40) Kementrian Perumahan Rakyat RI dan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi  RI tentang Penyediaan Rumah Susun Sewa Bagi  Pekerja/Buruh di DIY.
41) UGM Yogyakarta tentang Penggunaan Tenaga Kualifikasi Doktor Universitas Gadjah mada Yogyakarta dalam Perencanaan, Penganggaran dan Pelaksanaan Program/Kegiatan oleh SKPD di Pemda DIY tahun 2013.
42) POLDA DIY, KOREM 072, TNI AL Yogyakarta, KEJATI DIY, Kanwil Kemenag DIY, dan BID DIY tentang Sistem Peringatan Dini dalam rangka Penanganan Konflik Sosial di DIY.
43) PT SGM dan Pemkab. Sleman tentang Pemberdayaan Masyarakat Pasca Erupsi Gunungapi Merapi di Kabupaten Sleman DIY.
44) Kementerian ESDM, UGM Yogyakarta, dan Pemkab. Sleman tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Konferensi Cities on Volcanoes 8.
45) PT Jogja Tugu Trans tentang Pengelolaan Sistem Pelayanan Angkutan Orang di jalan dengan Kendaraan Umum Wilayah Perkotaan dengan Sistem Buy the Service di DIY.
   
   

 

KESEPAKATAN BERSAMA (KSB) DAN PERJANJIAN KERJA SAMA (PKS)

PEMDA DIY TAHUN 2017 s.d bulan Juni 

Kesepakatan Bersama (KSB)

No

Mitra

Bidang

1

KADIN DIY dan UGM Yogyakarta

Kerja Sama Optimalisasi Sinergi Tiga Pilar (Triple Helix) untuk Percepatan Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat DIY.

2

ISI Yogyakarta

Kerja Sama dalam Peningkatan, Pengembangan, dan Pemberdayaan di Bidang Seni dan Budaya.

Perjanjian Kerja Sama (PKS)

No

Mitra

Bidang

1

Pemprov. Sulawesi Selatan

Kerja Sama Pengelolaan Perpustakaan, Pengembangan Koleksi Tercetak dan Koleksi Digital.

2

Pemprov. Jawa Tengah

Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, Penyelenggaraan Trantibum serta Linmas di wilayah Perbatasan Jateng-DIY.

3

Pemprov. Jawa Timur

Kerja Sama Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan.

 

KESEPAKATAN BERSAMA (KSB) DAN PERJANJIAN KERJA SAMA (PKS)

PEMDA DIY TAHUN 2016 yang masih berlaku s.d Juni 2017 

Kesepakatan Bersama (KSB)

No

Mitra

Bidang

1

PT. Microsoft Indonesia

Pengembangan Jogja Cyber Province di Daerah Istimewa Yogyakarta.

2

Kejaksaan Tinggi DIY

Komite Bersama Desk Kajian Kebijakan Daerah (DKKD) di Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

3

Badan Ekonomi Kreataif RI

Pengembangan Ekonomi Kreatif di DIY.

4

Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Kulon Progo, dan Kab. Gunungkidul

Satu Data Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta

 Perjanjian Kerja Sama (PKS)

No

Mitra

Bidang

1

Pemprov. Jateng, Pemprov Jatim, Kab. Gunungkidul, Kab. Wonogiri, dan Kab. Pacitan

Pengembangan dan Pelestarian Gunung Sewu Global Geopark bidang Kepariwisataan.

 

2

Ditjen Aplikasi Informatika Kemen Komunikasi & Informatika RI

Pilot Project Penerapan Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan pembentukan Computer Security Incident Response Team di Unit Kerja Pemda DIY.

3

PT. Badan Penerbit Kedaulatan Rakyat

Digitalisasi Koran Terbitan Surat Kabar Harian “Kedaulatan Rakyat” Sebagai Arsip Bersejarah.

4

Pemprov. Jateng dan  Pemprov Jatim

Pengembangan dan Pelestarian Gunung Sewu Global Geopark bidang ESDM.

5

Pemprov. Jateng, Pemprov Jatim, Kab. Gunungkidul, Kab. Wonogiri, dan Kab. Pacitan

Pengembangan dan Pelestarian Gunung Sewu Global Geopark bidang Pendidikan.

6

BNNP DIY dan POLDA DIY

Integrasi Pelayanan Rehabilitasi Medis Tersangka Pecandu, Penyalahguna dan Korban Penyalahgunaan Narkoba.

7

POLDA DIY

Kerja Sama Penyelenggaraan Pencarian dan Pertolongan(Search And Rescue / Sar).

8

POLDA DIY

Pelaksanaan Pengawasan dan Penegakan Hukum Bidang Kelautan Dan Perikanan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

9

UGM Yogyakarta

Penyelenggaraan Klinik Konstruksi.

10

PT. Bank Syariah Mandiri

Program Pembinaan, Pemberdayaan, serta Penyaluran Pembiayaan IKM, Pedagang Pasar dan PKL Binaan Disperindag DIY.