BAHASA INDONESIA ENGLISH

Berita Terbaru

Testimonial


  • Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur DIY)

    Kami dari Pemerintah Provinsi DIY sangat bergembira untuk menyajikan kepada saudara sekalian website “Jogja Invest”, sebuah pedoman ringkas (buku saku) mengenai lingkungan bisnis sekarang ini di Yogyakarta.

    Sungguh suatu kebanggaan bahwa Yogyakarta telah terpilih sebagai kota yang paling mudah untuk berinvestasi di Indonesia. Peringkat ini sebagai hasil dari laporan Bank Dunia dan IFC (International Finance Corporation) yang diterbitkan pada bulan Februari 2012. Laporan tersebut berdasarkan suatu survei di perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di daerah yang dilakukan di 20 kota terkemuka untuk berbisnis di Indonesia, yaitu a.l. Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Batam, Balikpapan, Denpasar, Makassar dan Manado.

    Dengan perkembangan ini Yogyakarta telah memenuhi keluhan investor luar negeri yang mempertanyakan kepastian hukum atas kegiatan bisnis di Indonesia – aturan hukum.  Juga, peringkat pertama membuktikan bahwa kebudayaan Jawa itu selaras dengan bisnis modern, tidak seperti yang disangkakan bahwa budaya Jawa itu sulit dan membingungkan untuk adaptasi.

    Peringkat pertama telah  merefleksikan karakter Yogyakarta dalam memberikan jasa pelayanan yang prima. Dalam hal ini, Yogyakarta sebagai tujuan wisata menjadikan sektor jasa merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan ekonomi Yogyakarta. Oleh karenanya, sikap melayani merupakan kebiasaan yang melekat  dalam hidup keseharian. Dengan budaya dan tradisinya yang adiluhung, Yogyakarta dipandang sebagai pusat budaya Jawa, oleh karenanya Yogyakarta dikenal pula sebagai Kota Budaya.

    Dalam kerangka memperkaya interaksi budaya, di Yogyakarta telah berdiri beberapa Pusat Kebudayaan asing seperti Pusat Kebudayaan Perancis, Pusat Kebudayaan Belanda, Pusat Kebudayaan Jepang, Pusat Kebudayaan Korea, Pusat Kebudayaan Ceko, Pusat Kebudayaan.

    Lebih lanjut, Yogyakarta juga merupakan tempat bertemunya (a melting pot) para pelajar dari seluruh Indonesia Mereka memang sedang menuntut ilmu, namun mereka mampu hidup bermasyarakat yang harmonis dengan latar belakang budaya daerah masing-masing. Oleh karenanya Yogyakarta dikenal pula sebagai Kota Pendidikan.

    Sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta telah menghasilkan banyak lulusan berkualitas, yang mampu berkompetisi baik di pasar tenaga kerja lokal, regional maupun internasional.

    Secara umum, kegiatan bisnis yang berkembang di Yogyakarta terutama di sektor pertanian, perdagangan, manufaktur, perikanan, dan tentunya pariwisata. Menariknya, para mahasiswa Yogyakarta juga  berbisnis khususnya di sektor industri kreatif, yang sedang berkembang pesat.

    Setelah mengunjungi website “Jogja Invest” ini, saya sangat berharap para investor tidak hanya sebatas menimbang saja, tetapi silahkan datang dan berbisnis di Yogyakarta.
     

  • Juan Maldonado (General Manager Gameloft Indonesia)

    Gameloft adalah perusahaan game internasional yang berbasis di Perancis dan pengembang video game untuk ponsel dan console. Untuk Indonesia, Yogyakarta dipilih sebagai lokasi untuk membuka studio produksi Gameloft di samping kota-kota lain seperti New York, Buenos Aires, London, Milan, Madrid, Seoul, Beijing, Kuala Lumpur, Hong Kong, Tokyo, Singapura.

    Pemilihan Yogyakarta sebagai studio Gameloft di Indonesia didasarkan pada banyaknya jumlah universitas dan sekolah tinggi di bidang animasi, potensi lulusan beberapa kampus di Yogyakarta yang sangat berkualitas dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Gameloft, banyak sumber daya manusia muda. Yogyakarta memiliki keuntungan lain yaitu mudahnya mencari artist creator di bidang game dibandingkan dengan Negara lain seperti Argentina. Kemudahan akses dan jangkauan ke dan dari Yogyakarta dan dengan jarak tempuh yang sangat pendek baik dalam kota maupun luar kota, merupakan juga salah satu pertimbangan pemilihan Yogyakarta sebagai studio produksi Gameloft daripada kota-kota besar di Indonesia lainnya seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

  • CV. Karya Hidup Sentosa

    Sejak tahun 1953, kami perusahaan nasional ( 100% Indonesia ) memproduksi mesin alat pertanian yang hidup, berkembang dan menjadi besar di Jogja. Perkembangan perusahaan kami tidak akan lepas dari kondisi politik dan keamanan di Jogja yang stabil. Pelayanan masyarakat dan pemerintah Jogja mendorong usaha kami dapat terus berkembang hingga saat ini.

    Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan agar pemerintah Jogja terus menjaga dan meningkatkan pelayanan dalam mendorong investasi terus berkembang dan membuat lebih nyaman berinvestasi di Jogja.

    Akhirnya mari kita perusahaan, masyarakat dan pemerintah Jogja bersama-sama menjaga kondisi politik & keamanan yang lebih baik lagi.

  • Siswanto HS. (Direktur Utama & Owner Representative PT. Mirota KSM)

    Mirota KSM merupakan salah satu unit bisnis dari group korporasi yang didirikan oleh Hendro Sutikno dan Tini Yuniati. Perusahaan industri pengolahan susu bubuk formulasi yang didirikan pada 11 Juli 1972 ini semula berlokasi di kawasan Malioboro dan pada 30 Maret 1983 dipindah ke lokasi yang baru di Jl. Raya Yogya-Solo Km.9, dusun Sambilegi, desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Jogja dipilih sebagai tempat berinvestasi, karena terdukung oleh berbagai potensi yang dimiliki, baik alam, sumber daya manusia, infrastruktur, instansi pemerintah maupun institusi sosial, ekonomi dan budaya.

    Dilihat dari alam, Jogja merupakan kawasan perlintasan multi sektor antara wilayah Barat maupun Timur Pulau Jawa, bahkan wilayah Barat dan Timur Indonesia. Dengan demikian Jogja merupakan lokasi yang sangat strategis untuk menjalankan missi perindustrian dan perdagangan.

    Sumber daya manusia potensial yang terdidik dan terlatih oleh lembaga pendidikan formal, non-formal maupun informal yang berkualitas, tersedia dalam jumlah yang cukup besar. Mereka merupakan angkatan kerja dengan biaya yang tidak terlalu berat.

    Operasionalisasi perusahaan sangat terdukung oleh infrastruktur sumberdaya listrik, transportasi yang dekat dengan jalan raya, jalur kereta api serta jalur pesawat udara, dan telekomunikasi dengan berbagai jaringannya.

    Berbagai instansi pemerintah senantiasa memberikan dukungan baik secara informatif, konsultatif maupun regulatif, bersama dengan institusi yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan, sosial, ekonomi dan budaya. Dukungan dari instansi pemerintah dan institusi-institusi tersebut telah memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan perizinan dan operasional usaha di kawasan ini.

    Secara keseluruhan hal-hal tersebut senantiasa memberikan kemudahan untuk mencapai kinerja yang produktif dan berkualitas, dengan biaya lokal yang ringan, sehingga memungkinkan bagi PT Mirota KSM untuk menciptakan produk dengan kualitas prima dengan harga yang ekonomis.