KAJIAN POTENSI INVESTASI KABUPATEN BANTUL

Kafka

KAJIAN PENYIAPAN POTENSI INVESTASI KABUPATEN BANTUL

 

  1. LATAR BELAKANG

Perekonomian Kabupaten Bantul baik secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan eksternal dan internal. Sebagai salah satu kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bantul sangat dipengaruhi oleh kebijakan perekonomian propinsi. Selain itu, sebagai kabupaten terbuka, perekonomian Bantul juga dipengaruhi oleh kondisi dan dinamika perekonomian nasional. Berdasarkan kondisi tersebut, faktor eksternal yang diidentifikasi mempengaruhi perekonomian Bantul adalah : pertama, menguatnya globalisasi ekonomi dunia dan pembentukan zona ekonomi regional di beberapa negara: China, India, Vietnam, Thailand, dan di banyak negara lainnya; fenomena ini akan mengakibatnya kompetisi yang semakin ketat dalam hal menarik investasi, perdagangan dan pariwisata antar negara. Sedangkan dari faktor internal, yang diidentifikasi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bantul adalah perkembangan investasi daerah. Investasi daerah merupakan instrumen utama dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi sehingga diperlukan upaya-upaya yang komprehensif dalam pengelolaan potensi invstasi daerah agar memiliki daya tarik dan daya saing yang kompetitif.

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dari kegiatan ini adalah menyediakan informasi yang aktual dan akurat tentang potensi investasi daerah Kabupaten Bantul dalam upaya mengakselerasi peningkatan pertumbuhan dan pembangunan perekonomian daerah di masa mendatang. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan kajian pengembangan potensi-potensi investasi unggulan di Kabupaten Bantul dengan nilai investasi diatas Dua Ratus Milyar Rupiah untuk digunakan sebagai bahan promosi investasi Kabupaten Bantul.

  1. RUANG LINGKUP KAJIAN

Ruang lingkup kajian pengembangan potensi investasi di Kabupaten Bantul ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Menyusun pendekatan, metodologi studi dan rencana kerja pelaksanaan kajian.
  2. Melakukan identifikasi potensi-potensi unggulan investasi di Kabupaten Bantul
  3. Melakukan analisis pemilihan pioritas pengembangan potensi investasi yang siap diimplementasikan di Kabupaten Bantul.
  4. Menyusun rekomendasi rencana pengembangan prioritas investasi di Kabupaten Bantul.

Untuk lebih lengkapnya, dapat di unduh pada link dibawah ini: 

Kajian Penyiapan Potensi Investasi Kabupaten Bantul