KAJIAN POTENSI INVESTASI NEW YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT (NYIA)

Kafka

 

POTENSI INVESTASI DI KAWASAN NEW YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT

 

  1. LATAR BELAKANG

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang terletak di jalur selatan pulau Jawa, masih minim sarana transportasi dengan kapasitas besar. Dengan segala potensi wilayah yang prospektif, DIY perlu membangun bandara yang memiliki kapasitas besar. Bandara Internasional Baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA) perlu segera direalisasikan. Dari sisi internal DIY sendiri, keberadaan bandara lama (Bandara Adisutjipto) sudah tidak mampu lagi mendukung pesatnya peningkatan jumlah penumpang yang membutuhkan pelayanan penerbangan yang merupakan imbas berkembangnya DIY sebagai tujuan wisata terkemuka Indonesia serta tujuan bisnis yang cukup prospektif.

PT. Angkasa Pura I (Persero), telah memproyeksikan bahwa New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini akan mempunyai peranan penting diantaranya:

  1. sebagai pintu gerbang utama wisatawan mancanegara;
  2. meningkatkan perdagangan dan perekonomian daerah; dan
  3. meningkatkan investasi daerah.
  4. meningkatkan kuantitas dan kualitas lapangan pekerjaan.

                                            

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dari studi ini adalah untuk menyusun dokumen Kajian Potensi Investasi di Kawasan New Yogyakarta International Airport yang menyediakan informasi serta analisis komprehensif mengenai potensi dan peluang investasi di kawasan NYIA terkait dibangunnya bandara baru di DIY.

 

  1. RUANG LINGKUP KAJIAN

Ruang lingkup kajian pengembangan potensi investasi di Kabupaten Bantul ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Memetakan potensi serta prospek investasi di kawasan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di sektor terkait bandara dengan dukungan SDM serta level potensinya masing – masing.
  2. Mensinergikan rencana pengembangan investasi wilayah dengan pengembangan proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA)
  3. Mendukung percepatan dan pemerataan realisasi investasi yang sejalan dengan program pembangunan NYIA.
  4. Meningkatkan dukungan terhadap optimalisasi peningkatan investasi dan perekonomian wilayah terkait dengan pembangunan NYIA.

Untuk lebih lengkapnya, dapat diunduh di link berikut

KAJIAN POTENSI INVESTASI NEW YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT (NYIA)