BERITA

Tingkatkan Realisasi Investasi, DPPM DIY Review Peraturan

Kafka
Tingkatkan Realisasi Investasi, DPPM DIY Review Peraturan

by Editor

21 Agustus 2019 - 16:02

Pemda DIY

 

Yogyakarta (21/08/2019) jogjaprov.go.id - Data realisasi investasi di DIY pada semester I tahun 2019 mencapai peningkatan yang besar dibandingkan dengan data investasi semester II 2018. Peningkatan yang dicapai pada tahun ini sebesar 83,31%, yakni senilai Rp 2,10 triliun. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY Drs. Arief Hidayat dalam acara Penyampaian Investasi Semester I DPPM DIY pada Rabu (21/08) siang di kantor DPPM DIY. 

Lebih lanjut, untuk meningkatkan perekonoman serta investasi tersebut, DPPM DIY menerapkan dua indikator kinerja utama yaitu indikator pengelolaan jumlah izin dan indeks kepuasan masyarakat. Arief juga menyatakan bahwa realisasi investasi periode satu tahun 2019 yang mencapai 2,10 triliun terdiri atas PMDN sebesar Rp 1,97 triliun dan realisasi PMA sebesar Rp 131,27 miliar. “Untuk saat ini, investasi terbesar diterima dari sektor infrastruktur, salah satunya dalam pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA, -red),” ujar Arief.

Terkait dengan investasi, Arif mengatakan terdapat lima negara teratas dengan realisasi investasi terbesar di DIY diantaranya Malaysia, Cayman Island, Korea Selatan, Jepang, dan Italia. “Dari kelima negara tersebut, Korea Selatan dan Jepang adalah dua negara yang dipilih oleh DIY untuk menjalankan kerjasama ekonomi,” ujarnya. Hal tersebut mengingat dua negara tersebut juga telah menjalin kerjasama sister city dengan DIY.

Terkait soal kerjasama, para investor sering mengeluhkan masalah terkait perizinan. Permasalahan ini sebelumnya telah diakomodir oleh DPPM dengan menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis Permasalahan Penanaman Modal yang turut mengundang investor untuk melakukan penjaringan aspirasi dan mencari solusi.

Di samping itu, DPPM DIY juga senantiasa melakukan korodinasi dengan Pemda di Kabupaten/Kota untuk meningkatkan realisasi investasi di DIY. Salah satunya adalah melakukan review atas Pergub DIY No.8 Tahun 2014 tentang Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) DIY dan review Perda DIY No.4 Tahun 2013 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal. Harapannya, hal ini akan memberikan dorongan yang baik dalam upaya menarik minat investor di DIY. (yn/lt)

Humas Pemda DIY

https://www.jogjaprov.go.id/berita/detail/8036-tingkatkan-realisasi-investasi-dppm-diy-review-peraturan