BERITA TERKINI

Potensi SDM DIY Menarik Minat Investor Singapura

Kafka
Potensi SDM DIY Menarik Minat Investor Singapura

by Humas

 26 April 2019

 

 Berita

Yogyakarta (26/04/2019) jogjaprov.go.id - Pengembangan tekhnologi informasi dan digitalisasi di DIY menjadi hal yang menarik minat Singapura dan dipandang memiliki masa depan yang cerah. Terkait dengan hal itu, investor dari Singapura didampingi PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) Yogyakarta menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Yogyakarta, Jumat (26/04) guna membahas lebih lanjut mengenai investasi Singapura ke DIY.

Kepala Dinas Kominfo DIY Ir. Roni Primanto Hari, M.T. menyampaikan, invenstor akan menanamkan modalnya di DIY terkait dengan industri smart city dan smart province yang diperuntukkan bagi seluruh Indonesia atau bahkan dunia. Roni menyampaikan pula bahwa nantinya karena lokasi kerjasama dibangun di DIY, investor mengajukan penawaran untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan  lokal yang ada di DIY.

Tak hanya perusahaan lokal DIY yang dilirik, Roni menyampaikan bahwa investor tersebut juga tertarik untuk memberdayakan SDM lokal dari DIY. “Dimata para investor asing terutama Singapura, SDM kita dianggap punya potensi yang luar biasa, sehingga mereka bisa menekan anggaran dengan melakukan penyerapan tenaga kerja lokal,” ujar Roni.

Selain faktor SDM, menurut Roni, DIY dipilih karena memiliki kondisi dan potensi yang sangat beragam, salah satunya infrastruktur IT yang cukup baik, serta tak dipungkiri bahwa kehadiran bandara baru yang juga menjadi daya tarik. Roni mengungkapkan apabila kehadiran bandara baru tersebut memudahkan investor untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan tekhnologi.  

Ditanya lebih lanjut mengenai tanggapan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Roni menyampaikan bahwa Gubernur DIY menyambut baik atas rencana investasi tersebut. Gubernur DIY menegaskan bahwa para investor harus ikut serta mengembangkan SDM di DIY. Sri Sultan menegaskan bukan hanya tekhnologi yang menjadi perhatian untuk dikembangkan, sehingga akan muncul SDM yang mumpuni untuk menangani teknologi informatika di seluruh Indonesia.

“Beliau (Gubernur DIY) menegaskan bahwa perihal SDM ini harus benar-benar diperhatikan, selain itu silahkan maksimalkan apa yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama yang saling menguntungkan,”  ujar Roni.

Turut mendampingi Gubernur DIY dalam menerima delegasi dari Kedutaan Besar Singapura  dan Perusahaan-Perusahan Nasional Singapura tersebut,  Kepala DPPM Drs. Arief Hidayat, Kepala Bappeda DIY Budi Wibowo, SH., MM., serta Kepala Diskominfo Ir. Roni Primanto Hari, M.T. (uk)

Humas Pemda DIY

 

source : https://jogjaprov.go.id/berita/detail/7695-potensi-sdm-diy-menarik-minat-investor-singapura