BERITA TERKINI

Kunjungan Duta Besar Azerbaijan ke DIY

Kafka
Kunjungan Duta Besar Azerbaijan ke DIY
17 Desember 2019 - 00:00

 

Yogyakarta (18/12/2019) jogjaprov.go.id – Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev didampingi dua pejabat diplomatnya berkunjung dan melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa (17/12) di Kantor Gubernur, Gedhong Willis, Kepatihan Yogyakarta. Kunjungan ke DIY ini merupakan yang pertama setelah Mirzayev menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada November 2019 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Jalal Mirzayev telah menyampaikan perkembangan hubungan dan kerjasama antara RI dan Azerbaijan serta sedikit mengenai perkembangan kondisi di Azerbaijan, termasuk proyek migas yang selama ini menjadi andalan ekspor Azerbaijan dan perkembangan politik dan ekonomi kawasan. Dalam kesempatan tersebut juga menyinggung pandangannya terhadap potensi ekonomi Yogyakarta serta keinginan melakukan kerja sama.

Duta Besar Jalal Mirzayev menyampaikan dua usulan kerja sama dengan DIY, yaitu di bidang pariwisata dan pendidikan serta kerjasama provinsi kembar. Di bidang pariwisata, Azerbaijan mengharap kunjungan wisatawan Indonesia khususnya wisatawan Muslim yang sedang melakukan ibadah Umrah dan Haji.

Untuk lebih memperkenalkan potensi wisata Azerbaijan di Indonesia, Duta Besar Jalal Mirzayev menyampaikan rencana melakukan acara promosi budaya dan wisata di bulan Mei dan Juni 2020 di mana salah satu kota yang menjadi lokasi adalah Yogyakarta.

Di bidang pendidikan, Duta Besar Jalal Mirzayev mengharapkan dukungan Gubernur DIY untuk pembukaan Azerbaijan Corner di beberapa kampus terkemuka di Yogyakarta untuk menjaring mahasiswa Indonesia melanjutkan studi di Azerbaijan. Sedangkan terkait kerjasama provinsi kembar Duta Besar Jalal Mirzayev akan mengusulkan salah satu provinsi di Azerbaijan yang memiliki kemiripan di DIY untuk dilakukan kerjasama.

Menanggapi hal yang demikian, Gubernur DIY, Sultan HB X menyambut baik keinginan Azerbaijan untuk mendatangkan wisatawan Indonesia dan mengusulkan kiranya dapat berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk Kementerian Luar Negeri RI. Beliau juga menyambut baik rencana pelaksanaan acara promosi budaya dan wisata Azerbaijan di Yogyakarta.

Terkait kerjasama provinsi kembar, sesuai prosedur Sultan menganjurkan perlu adanya surat permohonan dari Gubernur di Azerbaijan untuk selanjutnya akan diproses secara internal, termasuk mendapatkan persetujuan DPRD DIY dan Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan yang sama Sultan  juga menyambut baik apabila Azerbaijan akan melakukan kunjungan dan pembicaraan secara regular dengan Pemda DIY sebagai upaya peningkatan hubungan.

Turut hadir mendampingi Gubernur DIY dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Drs. Arief Hidayat. (teb)

Humas DIY

source : https://jogjaprov.go.id/berita/detail/8402-kunjungan-duta-besar-ajerbaijan-ke-diy