BERITA TERKINI

PM Hongaria Minta DIY Bantu Kerja Sama Ekonomi

Kafka
PM Hongaria Minta DIY Bantu Kerja Sama Ekonomi
23 Januari 2020 - 12:01

 

Sleman (22/01/2020) jogjaprov.go.id - Perdana Menteri (PM) Hongaria, Victor Orban mengharapkan dukungan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membantu kerja sama bidang ekonomi antara RI dan Hongaria. Hal ini disampaikan Orban usai penjemputannya oleh Gubernur DIY di Bandara Adisutjipto, Rabu (22/02).

Pada pertemuan singkat keduanya di Ruang Tunggu VIP Base Ops Lanud Adisutjipto, Orban mengungkapkan, permintaannya atas dukungan Gubernur DIY ini dikarenakan rencana dirinya yang akan bertemu Presiden RI, Joko Widodo pada Kamis (23/01) ini.

“Banyak potensi ekonomi yang bisa menjadi bidang kerja sama Indonesia-Hongaria, termasuk untuk investasi. Apalagi kami terkesan dengan visi pembangunan Presiden Jokowi hingga kami ingin melakukan kerja sama bidang ekonomi yang lebih dengan Indonesia,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Orban juga secara khusus mengundang Gubernur DIY untuk berkunjung ke Hongaria. Menurutnya, Hongaria dengan DIY memiliki banyak kesamaan, utamanya dalam hal pengembangan sebagai kota budaya.

Menanggapi undangan ini, Sri Sultan mengucapkan terima kasih dan menyatakan akan mempertimbangkan dengan baik undangan kunjungan tersebut. Sri Sultan bahkan menyatakan jika jadi berkunjung ke Hongaria, sekaligus akan membawa misi budaya DIY.

Selanjutnya, kedua pemimpin ini sempat berdiskusi lebih lanjut terkait waktu yang tepat untuk berkunjung ke Hongaria.

Kunjungan PM Hongaria ke DIY kali ini ialah untuk menghadiri acara Internacional Democrata de Centro-Centrist Democrat International (IDC-CDI) yang diselenggarakan 23-24 Januari 2020 di Hotel Hyatt Yogyakarta. IDC-CDI mrupakan organisasi partai-partai lintas negara yang memiliki haluan demokrasi.

Terkait kerja sama DIY-Hongaria, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY, Arief Hidayat mengatakan, di tahun 2020, DIY-Hongaria tetap melanjutkan kerja sama yang sudah ada, bahkan rencananya akan dikembangkan pada industri berbasis knowledge, termasuk IT.

“Bentuk kerja sama DIY-Hongaria di bidang pendidikan di antaranya, DIY telah menjadi penerima hibah pendidikan berupa beasiswa penuh plus biaya hidup dari Pemerintah Hongaria. Banyak penerima beasiswa ini yang sudah kembali ke Yogyakarta dan mengajar di UII, UAD, dan UGM. Tidak sedikit juga mahasiswa Hongaria yang belajar di DIY,” jelasnya.

Selanjutnya, Arief mengungkapkan, DIY-Hongaria juga memiliki kerja sama di bidnag seni budaya. Hongaria telah bertahun-tahun mengirim siswa untuk belajar seni ke ISI Yogyakarta. Para alumninya pun telah menjadi seniman terkemuka di Hongaria dan turut mempromosikan seni Jawa, seperti gamelan.

“Di bidang bisnis investasi, Hongaria sudah membangun kolaborasi ekonomi dengan DIY dan beberapa kegiatan sudah mulai dijalankan. Salah satunya ialah industri berbasis pengetahuan, seperti reaktor atom di BATAN Yogyakarta dan peralatan medis untuk perawatan kanker,” imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY

source : https://jogjaprov.go.id/berita/detail/8461-pm-hongaria-minta-diy-bantu-kerja-sama-ekonomi