BERITA

Rapat Koordinasi Pengelolaan Data dan Informasi

Kafka
Rapat Koordinasi Pengelolaan Data dan Informasi

Pada hari Senin, 13 Juli 2020, bertempat di Ruang Rapat DPPM Lantai 2, dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Data dan Informasi DPPM DIY. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, rapat di hadiri oleh Sekretaris DPPM, Pejabat eselon II dan IV dilingkungan DPPM DIY, serta staf pengelola Website Jogjainvest.

 

Rapat dibuka oleh Sekertaris DPPM, Bpk Sunu Siswanta, beberapa arahan disampaikan diantaranya adalah dampak positif dari Pandemi Virus Corona, yang mendorong layanan kepada masyarakat diarahkan berbasis TI menjadi hal yang urgent. Disamping itu, keterbatasan SDM pengelola data dan informasi, menjadi tantangan pengelolaan website dan database di DPPM DIY, sehingga kegiatan ke depan diharapkan mengoptimalkan kembali tim pengelola website DPPM. Rapat ini juga sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran Nomor: 480/10149 tentang Dukungan Peleksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020, sehingga dalam waktu sebulan kedepan, ada 2 assessment website dan data DPPM DIY yang perlu dipersiapkan sebaik-baiknya, yaitu oleh PPID DIY dan Kemenpan RB.

 

Rapat kali ini membahas 3 agenda penting, yaitu melihat kembali Website DPPM beserta fitur-fiturnya, mempersiapkan pra-assessment dan membahas rencana kedepan meliputi pengembangan aplikasi dan pembagian tugas tim Pengelola.

 

Pada agenda 1, dijelaskan mengenai latar belakang Webste DPPM, dimana Web ini dibangun oleh pihak ketiga (CitraWeb) pada akhir 2019. Secara umum web DPPM mewadahi bidang-bidang, yaitu terkait perizinan, investasi, kerjasama luar negeri dan pengaduan. Kolom-kolom yang tersedia masih didominasi dengan web statis berupa informasi layanan, SOP, dan dasar kegiatan. Berita terkait kegiatan terkendala proses pemberitaan oleh bidang-bidang, serta belum berjalannya mekanisme tim pengelola website. Pada beberapa fitur seperti statistic dan infografis masih terlihat belum dimanfaatkan secara optimal oleh DPPM DIY.

 

Pada agenda 2 persiapan pra-assesment, Tim pengelola perlu melihat criteria penilaian. Dari PPID menentukan 33 kriteria yang akan di evaluasi. Website DPPM perlu perubahan cukup banyak agar bisa memenuhi kriteria tersebut. Dari masing-masing bidang diharapkan partisipasinya untuk pemberitaan, perubahan SOP Covid-19, proses Pengadaan Barang dan Jasa, maupun regulasi pendukung kegiatan. DPPM juga akan menyiapkan data-data LHKPN Pejabat-pejabat di DPPM melalui download ke website LHKPN milik KPK.

 

Agenda terakhir, beberapa hal yang dibahas diantaranya kemungkinan untuk meningkatkan pengelolaan data dan Website DPPM, dengan membangun database bersama. Perlunya diusulkan tim pengelola web yang juga merupakan tim kreatif, serta proses pemberitaan perlunya dibuat pembagian tugas terkait tim editor dan tim redaksi. Tim editor ada di masing-masing bidang, tim Redakdi ada di Sekretariat.

Maju terus pengelolaan data dan informasi DPPM DIY. (Joko)