BERITA

Wawancara dalam Rangka Program Saemaul Globalization Foundation di DIY

Kafka
Wawancara dalam Rangka Program Saemaul Globalization Foundation di DIY

Pada hari Kamis, 23 Juli 2020, bertempat di Ruang Kerja Kepala DPPM DIY, dilaksanakan Wawancara dalam Rangka meninjau kembali Program Saemaul Globalization Foundation (SGF) di DIY selama 4 tahun kebelakang (2016-2010), sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk mempersiapkan proses penguatan kerjasama yang direncanakan akan dilaksanakan penandatanganannya pada Januari 2021.

Delegasi dari Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia dipimpin oleh Sdri. Pradita Nurmaya Kusuma (Maya), lalu diterima oleh Pak Sukarno selaku Plt. Kabid Promosi dan Kerjasama Luar Negeri DPPM DIY. Pada kesempatan itu, Sdri. Maya menyampaikan tujuan dari wawancara ini adalah untuk memberikan informasi timbal balik seputar program kerjasama yang dilakukan SGF. Pada sambutannya, Pak Karno menyambut baik niat dari SGF untuk melakukan evaluasi dengan mengumpulkan informasi timbal balik melalui wawancara, dengan harapan pada proses penguatan kerjasama nantinya diperoleh bahan pertimbangan yang matang agar program dan kegiatan kedepan dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Beliau juga mempersilakan Sdr. Joko Hariyono selaku mantan Kepala Seksie Kerjasama Luar Negeri, agar membantu proses pengumpulan data dengan memberikan keterangan informasi kepada pihak YGSI.

Pada proses wawancara, dilakukan penggalian informasi mulai dari latar belakang awal kerjasama, keterkaitan program dengan rencana pembangunan, efektivitas dan efisiensi program, dampak kegiatan, rencana tindak lanjut serta isu gender dan lingkungan. Selanjutnya, hasil wawancara ini akan disampaikan sebagai bahan laporan tahunan YGSI ke SGF pusat di Korea Selatan. (Joko)