BERITA

DIY dan Gyeongsangbuk-do berkomitmen lanjutkan kerja sama provinsi kembar

Kafka
DIY dan Gyeongsangbuk-do berkomitmen lanjutkan kerja sama provinsi kembar

Bantul – Pada Senin (2/11/2020), Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) melakukan pertemuan virtual melalui konferensi video dengan Pemerintah Provinsi Gyeongsangbuk-do, Republik Korea. Pertemuan itu membahas rencana reafirmasi/pembaruan perjanjian kerja sama provinsi kembar (sister province) antara kedua daerah yang habis masa berlakunya tahun ini.

Pemda DIY yang diwakili oleh Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) Agus Priono mengatakan kerja sama yang telah terjalin sejak 2005 itu dinilai bermanfaat khususnya dalam pemberdayaan masyarakat di beberapa wilayah di DIY. Ia pun berkeinginan agar kerja sama ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang.

Senada dengan Agus, Direktur Hubungan dan Perdagangan Internasional Provinsi Gyeongsangbuk-do Han Jae-Sung mengatakan pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama yang terjalin dengan baik selama 15 tahun ini.

“Pada kesempatan ini, mewakili Gubernur Gyeongsangbuk-do, kami juga ingin menyampaikan bahwa kami ingin mengirim paket masker wajah ke DIY untuk membantu menanggulangi pandemi COVID-19,” kata Han.

Menanggapi rencana bantuan dari Gyeongsangbuk-do, Agus mengatakan, “Kami mengapresiasi bantuan ini. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Gyeongsangbuk-do merupakan sahabat di masa sulit seperti sekarang.”

Kerja sama provinsi kembar antara DIY dan Gyeongsangbuk-do dimulai sejak ditandatanganinya Nota Kesepahaman oleh pemimpin kedua daerah pada 24 Februari 2005. Area kerja sama yang disepakati adalah ekonomi, pendidikan, kebudayaan, pertanian, pariwisata, serta perindustrian, perdagangan, dan investasi.

Salah satu implementasi yang menonjol dari kerja sama ini adalah program pemberdayaan masyarakat desa (saemaul undong) berupa peternakan sapi komunal di kalurahan Ponjong, Gunung Kidul dan pembangunan Jamur Center di Kalurahan Bleberan, Gunung Kidul yang difasilitasi oleh Pemda DIY dan Yayasan Global Saemaul Indonesia (YGSI). [dppm]