BERITA

Pameran Foto Peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI - Vietnam

Kafka
Pameran Foto Peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI - Vietnam

Bantul, DIY - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Paduka Paku Alam X mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka secara resmi Pameran Foto Peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI–Vietnam dalam rangka Promosi Pranatan Anyar Potensi Daerah untuk Pemulihan Ekonomi pada 7 Desember 2020 di perpustakaan daerah Grhatama Pustaka, Yogyakarta. 

Pameran ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Sosialis Vietnam di Jakarta dan berlangsung pada 7–13 Desember 2020 dalam format pameran fisik di Grhatama Pustaka, Yogyakarta, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan pembatasan pengunjung, dan pameran virtual. Secara virtual, masyarakat dapat mengunjungi pameran ini di laman virtualexpo.jogjaprov.go.id. 

Dipilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah pameran ini tidak lepas dari faktor sejarah bahwa Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama kunjungan kenegaraan Presiden Ho Chi Minh pada 1959. Presiden Ho Chi Minh pada saat itu bahkan menyempatkan diri untuk bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. 

“Ikatan sejarah antara Indonesia-Vietnam merupakan perekat kerja sama kedua negara, tidak saja pada level pemerintah tapi terlebih lagi dalam hubungan antara kedua bangsa,” ujar Wakil Gubernur dalam sambutannya. 

Ia pun berharap momentum pameran ini akan semakin mempererat jalinan persahabatan dan kerjasama antara kedua negara. 

Selain foto dan video dokumentasi kunjungan Presiden Ho Chi Minh ke Indonesia, kunjungan Presiden Sukarno ke Vietnam, serta perkembangan hubungan bilateral kedua negara dalam 65 tahun terakhir, pameran ini juga menampilkan potensi ekonomi unggulan DIY. Hal ini sebagai upaya agar penyelenggaraan pameran ini juga dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi maupun sosial budaya dalam kerangka pranatan anyar (new normal) menghadapi pandemi Covid-19.