BERITA

Expose Hasil Monitoring Program Kegiatan DPPM DIY 2020

Kafka
Expose Hasil Monitoring Program Kegiatan DPPM DIY 2020

Expose Hasil Monitoring Program dan Kegiatan DPPM DIY Semester II tahun 2020 dan Proyeksi Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual pada hari Rabu, 16 Desember 2020. Pada kesempatan expose ini, empat Bidang di lingkungan DPPM DIY berkesempatan untuk memaparkan laporan pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2020 di masing-masing kewenanganangannya serta penyampaian rencana program dan kegiatan di tahun berikutnya.

Acara ini dibuka oleh Kepala DPPM DIY, Bapak Agus Priono, M.Ec. dimana dalam sambutannya Beliau memaparkan bahwa pada tahun 2020, sebagaimana kita ketahui bahwa Pandemi Covid-19 melanda hampir di seluruh belahan dunia. Penyesuaian-penyesuaian dalam berbagai hal perlu dilakukan agar roda pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Tidak lepas dari itu, Pemerintah DIY pada umumnya dan DPPM DIY khususnya, perlu melakukan penyesuaian dan rasionalisasi program kegiatan, dengan memprioritaskan pada isu kesehatan untuk penanggulangan Covid-19.

Lebih jauh dari itu Pak Agus juga menyampaikan arahan sekaligus memberikan penekanan bahwa tugas dan fungsi DPPM DIY adalah sebagai garda terdepan dalam bidang penanaman modal di DIY. Untuk itu semua pihak perlu mengedepankan kolaborasi dan kerjasama. Kerjasama antar bidang serta kolaborasi antar OPD teknis, termasuk juga KADIN, Pengusaha serta Perguruan Tinggi menjadi hal yang penting agar investasi di DIY bisa tertangani dengan baik.

Dalam kesempatan ini, Dr. Hargo Utomo, MBA, M.Com selaku Tenaga Ahli bidang Ekonomi juga memberikan paparan sekaligus sebagai sharing pengetahuan. Dalam paparannya Pak Hargo menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 sebagai suatu tantangan yang harus di hadapi, karena terlepas dari kondisi normal maupun pandemi, Investasi akan tetap terus berjalan. Sedikit berbeda dengan pada kondisi normal, bila kita bisa dengan leluasa berinteraksi secara social, maka pada kondisi saat ini kita perlu menggunakan pendekatan-pendekatan baru dan inovasi dengan tetap memperhatikan isu-isu kesehatan.

Pandemi telah merubah tatanan kehidupan di dunia, dan berdampak pada bagaimana roda ekonomi dijalankan. Kita perlu memperhatikan di sektor-sektor mana, bisnis dan peluang investasi itu menjadi potensial winner dan sebaliknya sektor-sektor yang beresiko besar akibat dampak pandemi. Covid-19 mendorong terjadinya pergeseran posisi bandul (pusat masa) dunia, perlunya mengedepankan inovasi-inovasi baru terkait isu-isu kesehatan agar roda ekonomi dan pemerintahan dapat tetap bergerak maju dan berjalan sebagaimana mestinya.