BERITA

Forum Organisasi Perangkat Daerah Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY

Kafka
Forum Organisasi Perangkat Daerah Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY

Dalam rangka menjaring masukan para stakeholder dalam melaksanakan proses perencanaan kegiatan tahun 2022, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY melaksanakan kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah. Acara dilaksanakan pada Senin, 22 Februari 2021, bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta.

Berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, pada pelaksanaan Forum OPD 2022 ini masih dilingkupi suasana Pandemi Covid-19. Agar tujuan dari pelaksanaan dapat terlaksana dengan baik, maka kegiatan didorong untuk mengedepankan tingkat partisipatif, kolaboratif dan inklusif dari seluruh stakeholder baik peserta yang hadir langsung di venue kegiatan, maupun peserta yang mengikuti melalui daring.

Acara di awali dengan paparan Bapak Kepala DPPM DIY, Bapak Agus Priono, M.Ec, tentang Rembug Investasi, Memetakan Kondisi, Menakar Kekuatan dan Merancang Strategi Penguatan Ekosistem Investasi 2022. Hadir sebagai pembahas pada diskusi Forum OPD kali ini, yaitu Dr. Murti Lestari, M.Si, dari kalangan Akademisi; Bapak Robby Kusumaharta, dari KADIN DIY dan Bapak Dedi Kurniadi, Branch Manager PT. Marga Nusantara Jaya.

DPPM DIY yang mengampu pelayanan publik (melalui pelayanan perizinan) serta peningkatan perekonomian wilayah melalui investasi, membutuhkan dukungan berbagai pihak dalam menyusun program dan kegiatan. Untuk itu pemikiran dan input konsep – konsep pengembangan yang berasal dari semua pihak, perlu diramu menjadi Program dan Kegiatan yang mempunyai tingkat kemanfaatan yang besar bagi Masyarakat DIY. Disamping itu, dalam merancang kegiatannya DPPM dituntuk agar dapat menyelaraskan kecepatan dan langkah dengan dinamika dunia usaha yang bersifat dinamis dan memiliki volatilitas cukup tinggi.

Aspek – aspek Bidang Kerja DPPM yang meliputi pengembangan iklim investasi, promosi investasi, pelayanan perizinan dan kemudahan berusaha, serta aftercare investor/pengendalian dan pengawasan. Melalui Forum OPD ini diharapkan perencanaan program dan kegiatan tahun 2022 dapat menjawab semua tantangan yang terutama bersumber pada dinamika perubahan (trend) dari dunia usaha dan juga tantangan terbesar yang saat ini dihadapi, yaitu iklim bisnis di tengah pandemi maupun pasca pandemi serta berbagai perubahan/dinamika yang terjadi terkait dengan adanya perubahan – perubahan kebijakan baik nasional maupun daerah.