BERITA

Pemda DIY dan KBRI Moscow Dorong Percepatan Penyelesaian Perjanjian Kerjasama DIY-Saint Petersburg.

Kafka
Pemda DIY dan KBRI Moscow Dorong Percepatan Penyelesaian Perjanjian Kerjasama DIY-Saint Petersburg.

Pada tanggal 5 Maret 2021, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Kedubes RI di Moskow, Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu, Ditjen Amerika dan Eropa Kemenlu; dan Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemdagri melakukan pertemuan virtual membahas tindak lanjut rencana pembentukan kerja sama antara DIY dan Saint Petersburg, Federasi Rusia.

Duta Besar RI - Moscow Bapak Jose Tavares mengatakan KBRI Moskow siap menjembatani komunikasi antara DIY dan Saint Petersburg agar perjanjian kerja sama antara kedua daerah itu dapat segera ditandatangani dan implementasinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua daerah. Penyelesaian perjanjian tersebut juga sangat penting karena akan menjadi dokumen pendukung rencana Deklarasi Kemitraan Strategis RI-Rusia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perijinan dan Penanaman Modal DIY, Agus Priono sampaikan kesiapan DIY untuk segera menyelesaikan perjanjian dimaksud. DIY berpandangan bahwa action plan akan memfokuskan pada bidang-bidang / kegiatan yang akan memberikan manfaat konkrit dan dapat diimplementasikan.  

Kemenlu dan Kemdagri menyampaikan proses pembentukan kerja sama yang terhitung relatif cukup lama ini antara lain disebabkan adanya perbedaan format perjanjian kerja sama di kedua negara.

Semua sepakat untuk melakukan koordinasi yang lebih intensif dalam rangka mempercepat proses penyelesaian perjanjian kerjasama dimaksud.