BERITA

Sosialisasi Perizinan dan Non Perizinan VI di Kabupaten Gunung Kidul

Kafka
Sosialisasi Perizinan dan Non Perizinan VI di Kabupaten Gunung Kidul

Gunung Kidul - Pada hari Senin, 15 Maret 2021 di Restoran Omah Kayu, Wonosari, Gunung kidul telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi perizinan dan non perizinan terakhir dengan topik Perizinan Analisis Dampak Lalu Lintas dan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang dari 6 kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan di 4 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada acara kali ini hadir Danang Wahyu Broto, S.E, M.Si. Ketua Komisi B DPRD DIY, Purwanto, S.T. anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, serta Sunu Siswanta, S.E. perwakilan Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Danang Wahyu Broto, S.E, M.Si. yang memaparkan tentang pembangunan Gunungkidul yang luar biasa selama 5 tahun terakhir. Maka selagi Kabupaten Gunungkidul masih jadi primadona dengan pariwisata pantai yang sedang digemari masyarakat, kehadiran para investor dari pihak swasta harus diterima dan dipermudah. Selain dari sektor perizinan yang dipermudah, kesadaran masyarakat sekitar pantai terhadap pentingnya pihak swasta dalam memajukan pariwisata pantai juga harus ditingkatkan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Purwanto, S.T. banyaknya pedagang nakal di pesisir pantai Gunungkidul ditakutkan akan menciptakan image buruk bagi pariwisata Gunungkidul. Perlakuan harga yang adil terhadap para wisatawan harus diterapkan oleh pedagang sekitar pantai, sehingga wisatawan merasa senang berbelanja di sekitar pantai. Tentu saja dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar pantai.

Pembahasan inti tentang Perizinan Analisis Dampak Lalu Lintas dan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang disampaikan oleh Sunu Siswanta, S.E. selaku perwakilan Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY. Selain tentang proses syarat dan mekanisme perizinan, dipaparkan pula gambaran umum mengenai Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY serta dibuka ruang kepada masyarakat Gunungkidul untuk bertanya lebih lanjut mengenai perizinan-perizinan di DPPM DIY.