Jogjainvest - Dalam rangka promosi DIY di Suriname, Pemda DIY berpartisipasi pada pameran INDOFAIR 2017 yang diselenggarakan oleh KBRI Paramaribo. Selain itu, dilakukan juga pertemuan dengan pejabat, pengusaha dan tokoh masyarakat Suriname.

Dalam rangka pameran INDOFAIR 2017, misi kesenian DIY juga turut memeriahkan pameran dengan menampilkan tari – tari asal Yogyakarta. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur DIY  di Gedung Sana Budaya, Paramaribo tanggal 1 November 2017. Selain pada acara pembukaan, penampilan tim kesenian DIY juga digelar pada tanggal 3 November 2017 pada malam pentas “Jogja Night” yang ramai dipadati oleh masyarakat Suriname.

Pada acara “Jogja Night” tanggal 3 November 2017, Pemda DIY melakukanpenandatanganan Letter of Intent on Cooperation in Education and Preservation of Javanese Culture in Suriname dengan organisasi social budaya masyarakat keturunanJawa di Suriname, VHJI (Vereniging Herdenking Javaanse Immigratie). LoI tersebut dimaksudkan sebagai kerangka kerjasama pelestarian budaya dan Bahasa Jawa, antara lain melalui pengiriman buku – buku Kebudayaandan Bahasa Jawa.

Dalam rangka mendukung peningkatan hubungan antara Indonesia dengan Suriname, Wakil Gubernur DIY pada kesempatan kunjungan ke Suriname juga melakukan pertemuan dengan beberapa Pejabat Pemerintah Suriname, yaitu dengan Menteri Ketenagakerjaan Suriname dan Direktur Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Iptek dan Kebudayaan Suriname. Pertemuan tersebut menekankan pentingnya meningkatkan kerjasama antara Indonesia – Suriname dalam pelestarian budaya. Hal tersebut antara lain dilakukan dengan memfasilitasi WN Suriname untuk belajar seni dan budaya Jawa di Yogyakarta, penjajakan peluang untuk mengirim instruktur pengukir/pembuat mebel, serta kerjasama riset di bidang sejarah dan kebudayaan antara universitas di Suriname dan Yogyakarta.

Jogjainvest - Bidang Kerjasama