BKPM RI Gelar 3 Acara Akbar di DIY Pelaksanaan KP3MN - RIF - dan Launching KLIK

BKPM RI Gelar 3 Acara Akbar di DIY Pelaksanaan KP3MN - RIF - dan Launching KLIK

 

Tiga kegiatan akbar telah dilaksanakan oleh BKPM RI di Yogyakarta. Tiga kegiatan utama BKPM RI ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 Maret 2018 di Hotel Alana, Yogyakarta. Tiga kegiatan yang diintegrasikan yaitu Launching Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) dalam rangka Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kawasan Industri Tahun 2018 pada tanggal 12 Maret 2018, Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal (KP3MN) 2018 pada tanggal 13 Maret 2018 dan Regional Investment Forum (RIF) pada tanggal 14 Maret 2018.

Dalam siaran pers BKPM RI, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong menegaskan bahwa Badan Koordinasi Penanaman Modal terus melakukan langkah-langkah aktif untuk mendorong percepatan penanaman modal yang menjadi salah satu fokus pemerintah. Pelaksanaan KP3MN, Perluasan Implementasi KLIK dan RIF dimaksudkan untuk dapat mencapai target realisasi investasi 2018 sebesar Rp 765 triliun dan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi, sekaligus perluasan penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekspor nasional.

Setiap kegiatan mempunyai tujuan masing – masing yang tetap mempunyai keterkaitan satu sama lain, saling mendukung satu sama lain. KP3MN sebagai kegiatan yang bertujuan mengkonsolidasikan seluruh aparatur penanaman modal baik di pusat maupun di daerah, kemudian KLIK dimaksudkan untuk memperluas kemudahan dan layanan investasi yang dilakukan oleh BKPM, serta RIF bertujuan untuk mengkomunikasikan berbagai kemajuan dan peluang investasi langsung kepada investor.

 

KP3MN (Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal)

Tema untuk acara KP3MN tahun ini adalah Konektivitas Ekonomi dimaksudkan untuk mendorong agar investasi dapat meraih peluang dari globalisasi dan dan perkembangan teknologi informasi yang cepat berubah. Investasi harus mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi yang inklusif, terintegrasi, melengkapi rantai pasok (supply chain) dan efisiensi bagi peningkatan daya saing nasional.

Launching KLIK (Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi)

Kegiatan KLIK bertujuan untuk memperluas cakupan Kawasan Industri (KI) yang ditetapkan sebagai lokasi implementasi KLIK. KLIK merupakan fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah kepada investor setelah memperoleh Pendaftaran Investasi untuk dapat segera melaksanakan konstruksi sambil secara paralel mengurus perizinan pelaksanaan di daerah, yakni IMB, UKL-UPL, dan perizinan pelaksanaan lainnya. KLIK telah dilaksanakan sejak 22 Februari 2016 yang peluncurannya dilakukan oleh Bapak Presiden RI di Istana Negara. Selama 2 (dua) tahun ini KLIK telah diimplementasikan di 32 Kawasan Industri yang tersebar di 10 provinsi dan 16 Kabupaten/Kota. Sebanyak 115 proyek/perusahaan telah memanfaatkan fasilitas ini dengan nilai investasi sebesar Rp 130,62 triliun dan memanfaatkan lahan seluas 1.322,96 ha.

Regional Investment Forum (RIF)

Kegiatan RIF dilakukan dengan mengundang 550 investor baik dalam dan luar negeri dengan tema “Showcasing Investment Opportunities in Lifestyle and Tourism Industry”. Dalam siaran pers BKPM RI Kepala BKPM RI, Thomas Lembong menyampaikan bahwa Pariwisata saat ini juga menjadi sektor investasi dengan pertumbuhan yang paling menjanjikan dan menyentuh hingga ke level paling bawah masyarakat. tiap tahun performa sektor pariwisata terus meningkat. BKPM mencatat realisasi investasi di bidang pariwisata selama lima tahun terakhir (2013-2017) rata-rata tumbuh 20% per tahun dan khusus pada tahun 2017 pertumbuhannya mencapai 31% atau mencapai angka USD 1,7 miliar.

Jogjainvest - Bidang Promosi

Dinas Terkait