Regional Investment Forum (RIF) 2018

Regional Investment Forum (RIF) 2018

Jogjainvest - Yogyakarta kembali menjadi tuan rumah kegiatan BKPM RI di Tahun 2018. BKPM RI mengintegrasikan tiga kegiatan akbar yaitu Launching Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) dalam rangka Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kawasan Industri Tahun 2018 pada tanggal 12 Maret 2018, Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal (KP3MN) 2018 pada tanggal 13 Maret 2018 dan Regional Investment Forum (RIF) pada tanggal 14 Maret 2018 di Alana Hotel Yogyakarta.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan tersebut dan merupakan kegiatan utama adalah Regional Investment Forum (RIF). RIF akan dilselenggarakan dengan mengundang 550 investor baik dalam dan luar negeri dengan tema “Showcasing Investment Opportunities in Lifestyle and Tourism Industry”.

Dalam siaran pers BKPM RI, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menyampaikan bahwa peluang investasi di sektor lifestyle dan pariwisata, sangat besar.

“Pariwisata saat ini juga menjadi sektor investasi dengan pertumbuhan yang paling menjanjikan dan menyentuh hingga ke level paling bawah masyarakat,” paparnya. Thomas Lembong menyampaikan bahwa tiap tahun performa sektor pariwisata terus meningkat. BKPM mencatat realisasi investasi di bidang pariwisata selama lima tahun terakhir (2013-2017) rata-rata tumbuh 20% per tahun dan khusus pada tahun 2017 pertumbuhannya mencapai 31% atau mencapai angka USD 1,7 miliar.

Regional Investment Forum 2018 diselenggarakan oleh BKPM bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia dan Pemda DIY diikuti oleh sekitar 350 partisipan, termasuk 71 perusahaan asing yang terdiri dari perusahaan dari negara Korea Selatan, Timur tengah, Jepang, Singapura, Taiwan, Malaysia, Australia, Tiongkok, Inggris, India, Rusia dan Amerika Serikat. Selain itu diperkirakan 62 perusahaan dalam negeri juga turut hadir.

Gubenur DIY dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Plt Kepala BKPM DIY, Budi Wibowo berharap agar dengan adanya RIF dapat menjadi momentum yang baik untuk berbagi pengetahuan dan informasi bahkan melakukan penjajakan kesepakatan bisnis maupun investasi yang mungkin dapat dilakukan oleh para investor dengan pelaku usaha yang ada di DIY bahkan dengan pemerintah DIY.

Pertemuan ini diisi dengan diskusi panel yang terdiri dari dua sesi, sesi pertama menghadirkan empat narasumber, yaitu : Menteri Pariwisata, Arief Yahya; Thomas Lembong, Kepala BKPM RI; Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia; dan Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Sedangkan pada sesi kedua, menghadirkan lima narasumber, yaitu : Djauhari Oratmangun, Dubes RI untuk RRT, Hirmansyah S.Thaib, Ketua Pokja X Percepatan 10 Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata; Anthony Cottan, Director F&B Concept, PT Mitra Adiperkasa Tbk dan Andrel Vladimir Lascu, Studio Manager PT Gameloft Indonesia.

Lihat juga: https://youtu.be/0xWXCFqlf5s

Jogjainvest - Bidang Promosi

Dinas Terkait