Wakil Gubernur DIY memimpin delegasi Pemda DIY melakukan kunjungan kerja ke Shanghai

Wakil Gubernur DIY memimpin delegasi Pemda DIY melakukan kunjungan kerja ke Shanghai

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X pada tanggal 18 – 24 Mei 2017 memimpin delegasi Pemda DIY melakukan kunjungan kerja ke Shanghai, Tiongkok. Kunjungan tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari KJRI Shanghai. KJRI Shanghai menyelenggarakan Promosi Indonesian Trade, Tourism, Investment and Culture (INAFEST) di Shanghai tanggal 20 – 27 Mei 2017. 

Selain guna memenuhi undangan dari KJRI Shanghai, kunjungan tersebut juga dalam rangka memenuhi undangan dari Ketua Chinese People’s Political Consultative Conference (CPPCC) Shanghai Committee. Pemda DIY pada tanggal 12 April 2016 telah menandatangani MoU kerja sama persahabatan dengan Pemerintah Kota Shanghai di Yogyakarta. MoU tersebut menyepakati kerja sama di 7 (tujuh) bidang, yaitu: (1) bisnis, perdagangan dan teknologi, (2) pariwisata, (3) kebudayaan, (4) pendidikan, (5) pelestarian lingkungan, pertamanan dan tata kota, (6) program kewanitaan, dan (7) kerja sama antara kabupaten/kota di kedua wilayah.

Pada pertemuan tersebut Wakil Gubernur DIY menyampaikan komitmennya atas Kerjasama Persahabatan antara DIY dan Shanghai yang telah ditandatangani pada 12 April 2016 di Yogyakarta. “Keikutsertaan Daerah Istimewa Yogyakarta pada acara Indonesia Festival ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk mendekatkan masyarakat kedua daerah,” ujar Paku Alam X.

Wakil Gubernur DIY juga menyampaikan harapannya bahwa kerjasama antara DIY – Shanghai kedepan tidak hanya berfokus pada bisnis, perdagangan, dan pariwisata, tapi juga di bidang pendidikan, teknologi, perlindungan lingkungan dan kebudayaan. Wakil Gubernur DIY menyampakan mengenai rencana Pemda DIY untuk membeli sebuah rumah bersejarah di daerah Ketandan, Yogyakarta untuk dijadikan sebagai Rumah Persahabatan Yogyakarta – Shanghai.

“Harapan kami rumah tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan untuk membangun persahabatan antara kedua daerah,” kata Wakil Gubernur DIY.

Wakil Walikota Shanghai menyampaikan bahwa pihaknya sepakat untuk terus menjalin hubungan yang erat dengan Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Shanghai juga menjelaskan secara singkat mengenai Kota Shanghai dan perkembangan pembangunannya kepada Wakil Gubernur DIY yang baru pertama kali berkunjung ke Shanghai.Bertolak dari pengalaman pembangunan di Shanghai, Walikota Shanghai menawarkan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pembangunan infrastruktur dengan Pemda DIY.

Kedua pihak sepakat untuk terus menjalin komunikasi guna membicarakan program-program kerjasama kedepan.

Selain bertemu dengan Wakil Walikota Shanghai, pada kunjungan kerja dimaksud, Delegasi Pemda DIY juga dijamu makan siang oleh Ketua Chinese People Political Consultative Conference (CPPCC) Shanghai Committee, Wu Zhiming, serta melakukan pembahasan teknis mengenai program – program kerjasama dengan dinas-dinas teknis di Pemerintah Shanghai. 

Dinas Terkait