BERITA

Investasi UMKM Siap Naik Kelas

Kafka
Investasi UMKM Siap Naik Kelas

Dalam rangka penyiapan bahan promosi investasi DIY tahun 2021, DPPM DIY bersama DPMPPT Kabupaten Sleman melakukan  kunjungan lapangan ke  lokasi rencana projek pengolahan susu di  Hargobinangun, Pakem, Sleman pada pertengahan April 2021.

Projek pengolahan susu yang diinisiasi oleh Andromeda Sindoro selaku owner CV . Yumeda Pangan Sejahtera/ Sweet Sundae Ice Cream ini berangkat dari keinginan sang pemilik untuk mewujudkan swasembada susu di Indonesia. 
Berlokasi di desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, dengan menempati lahan tanah kas desa seluas 2 Ha, projek Hargobinangun ini dirancang dalam 3 bagian, yakni area peternakan sapi,  area pariwisata, dan area produksi (pengolahan susu menjadi ice cream, yoghurt, gelato, dan mozarella). 

Dalam pelaksanaannya, projek ini akan mengedepankan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan para peternak di sekitar lokasi projek yang tergabung dalam  koperasi peternak untuk menjadi suplier bahan baku berupa susu. Disamping itu  petani buah-buahan  (strawberry, coklat, mangga, dll)  juga akan menjadi mitra sebagai suplier bahan baku varian rasa pembuatan ice cream.

Pada tahap awal projek ini memerlukan support dari investor untuk pembangunan kandang beserta peralatannya. Adapun perkiraan nilai investasi keseluruhan proyek ini sebesar 30 M. 
Selain dukungan dalam bentuk dana, terbuka kesempatan bagi investor perorangan untuk berinvestasi di  piaraa.id, yakni sebuah platform digital untuk memfasilitasi investor yang ingin berinvestasi di peternakan sapi.

Melalui projek ini, diharapkan  masyarakat di sekitar desa Hargobinangun pada khususnya, serta masyarakat  DIY  pada umumnya  dapat lebih maju dan sejahtera.

DPPM DIY akan terus mendorong UMKM  di DIY untuk berinovasi dan mempunyai proposal investasi yang  "ready to offer " sehingga dapat difasilitasi untuk bertemu dengan investor pada kegiatan match making. Hal ini merupakan bagian dari ikhtiar bersama untuk mendorong UMKM DIY agar naik kelas.