BERITA

Triple Helix sepakati Percepat Pembangunan Ekonomi DIY melalui Investasi

Kafka
Triple Helix sepakati Percepat Pembangunan Ekonomi DIY melalui Investasi

Bantul – Untuk membangun sinergitas antar stakeholder sebagai upaya menggali potensi investasi DIY serta mempromosikannya kepada mitra potensial baik di dalam maupun luar negeri, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY menyelenggarakan  Forum Jejaring Promosi dan Informasi Investasi DIY pada Kamis, 3 Juni 2021.

Pada Forum yang diikuti oleh akademisi, kalangan dunia usaha, dan Perangkat Daerah terkait di DIY tersebut,  Kepala DPPM DIY (Bapak Agus Priono) menekankan pentingnya optimalisasi sinergi tiga pilar (Triple Helix) yang terdiri atas 3 (tiga ) aktor kunci dalam pembangunan ekonomi DIY, yaitu akademik, bisnis, dan pemerintah. Sinergitas ini diperlukan untuk bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan ekonomi DIY, terutama melalui investasi. Dengan duduk bersama melalui forum ini diharapkan akan terjaring masukan dan rekomendasi sehingga terdapat langkah konkrit yang dapat dilaksanakan.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala DPPM DIY, Bapak Hargo Utomo selaku narasumber dari UGM menyebutkan bahwa inovasi saja tidak cukup. Diperlukan peran dari para stakeholder untuk bergotong royong memberdayakan inovasi agar dapat mendatangkan imbas ekonomi. Berangkat dari pengalaman menangani proyek GeNose, Bapak Hargo Utomo menekankan bahwa gotong royong dari berbagai pihak sangat penting karena, meskipun sebuah inovasi dapat membawa imbas ekonomi yang besar, membangun kepercayaan publik bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Selain pembicara dari UGM, dalam forum ini juga dihadirkan pembicara dari Kadin DIY yaitu Bapak George Iwan Marantika. Beliau menyampaikan bahwa roda industri didorong oleh Perguruan Tinggi dimana saat ini fokus perekonomian telah bergeser kepada Knowledge Economy yang bertumpu kepada inovasi yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi. Yang perlu untuk segera dilakukan adalah pemetaan potensi investasi dari hasil riset-riset Perguruan Tinggi sehingga Kadin dapat mengambil peran untuk penggalangan investasi untuk masuk ke DIY.

Forum ini menyepakati bahwa terbuka kesempatan yang seluas-luasnya untuk melakukan kerjasama antara Pemerintah Daerah, Kalangan Dunia Usaha, dan Akademisi di DIY guna mendorong pembangunan ekonomi DIY melalui investasi. Untuk itu, diperlukan  langkah-langkah yang spesifik untuk merealisasikannya, terutama dalam hal  identifikasi  objek  dan peran para pihak dalam kerjasama.

Forum jejaring ini diharapkan menjadi media bagi para pemangku kepentingan  di DIY untuk lebih mempererat jalinan komunikasi, koordinasi, dan berkontribusi nyata dalam rangka mempercepat pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY.