BERITA

Bimbingan Teknis Online Single Submission Risk Based Approach (Bimtek OSS RBA)

Kafka
Bimbingan Teknis Online Single Submission Risk Based Approach (Bimtek OSS RBA)

Senin, 27 September 2021 bertempat di Hotel Royal Darmo Malioboro – Yogyakarta, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Online Single Submission Risk Based Approach (Bimtek OSS RBA). 

Acara yang dilaksanakan sebagai bentuk langkah strategis sosialisasi sistem perizinan berusaha berbasis resiko (atau yang biasa disebut OSS RBA) ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Bapak Agus Priono, M.Ec. Dalam sambutannya, Kepala DPPM DIY menyampaikan kunci keberhasilan implementasi sistem OSS RBA adalah gencarnya sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat; terutama pelaku usaha.  Selain itu dukungan infrastruktur serta kesiapan SDM menjadi faktor penentu suksesnya implementasi sistem OSS RBA yang baru saja dilaunching secara langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo pada pertengahan Agustus lalu. Sistem OSS RBA sendiri hingga kini masih terus berproses untuk dikembangkan; dan pada tahap awal ini untuk mengantisipasi banyaknya kendala dan permasalahan; maka DPPM DIY membuka konsultasi dan pendampingan apabila pelaku UMKM dan non UMKM mengalami kesulitan dalam OSS RBA.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Ichsan Zulkarnaen, SE., M.Sc., Ph.D (Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian), Ibu Ani Rahmawati,S.T. (Kepala Seksi Integrasi Sistem Pemerintah Daerah Kementrian Investasi/BPKM RI), Bapak Indra Kurniansyah (Tim Teknis OSS RBA dari PT Indosat Ooredo Tbk), Dr.Ir. Kuncoro Cahyo Aji,  M.Si (Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY), dan Bapak Prihatmoko Hariyo Sukarno, ST (Kepala Seksi Pengendalian dan Pengawasan Pertanahan dan Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Kabupaten Kulon Progo). Bimbingan Teknis OSS ini dihadiri oleh OPD Teknis, Pelaku UMKM DIY, dan Pelaku Non UMKM DIY sebagai sasaran utama pengguna / penerima hak akses OSS RBA. 

OSS RBA sebagai sistem yang diharapkan akan menjadi sistem tunggal perizinan berusaha merupakan pintu gerbang transformasi ekonomi Indonesia. Memastikan agar implementasinya berjalan sesuai harapan merupakan faktor kunci kemajuan ekonomi ke depan. Kemudahan – kemudahan yang ditawarkan bagi pengusaha dan UMKM melalui sistem ini diharapkan dapat ditangkap oleh pelaku usaha. Salah satu pelaku usaha peserta Bimtek OSS RBA mengakui bahwa pelaksanaan Bimtek ini sungguh bermanfaat dan banyak informasi baru yang belum diketahui sebelumnya yang didapatkan melalui keikutsertaan pada kegiatan ini. 

Pelaksanaan Bimtek OSS RBA ini merupakan bentuk sosialisasi Pemerintah terkait dengan pelaksanaan Aplikasi OSS RBA bagi pengguna, serta menjadi sarana komunikasi dua arah pemerintah dengan masyarakat. Diharapkan melalui acara ini didapatkan kritik, saran maupun masukan masyarakat terkait dengan Aplikasi OSS RBA. 

Bimtek ini bukan yang terakhir dilakukan, karena bimtek – bimtek serupa yang mengangkat OSS RBA masih akan diselenggarakan hingga akhir tahun.
Berminat untuk lebih tahu dan membutuhkan informasi dan pendampingan OSS RBA? Ayo sampaikan di kolom komentar untuk mendapatkan kesempatan mengikuti acara serupa atau mendapatkan informasi tentang OSS RBA.