BERITA

Prospek Ekonomi Digital Sangat Menjanjikan

Kafka
Prospek Ekonomi Digital Sangat Menjanjikan

Bantul—Pada Kamis 30 September 2021, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Innovative Academy Universitas  Gadjah Mada dan Block71 menyelenggarakan Sosialisasi Kemitraan Usaha dan Pitching Start-Up Digital dengan tema “Sinergi  untuk Mewujudkan Ekosistem Ekonomi Digital yang Berkelanjutan di DIY”.
Saat membuka acara tersebut, Kepala DPPM DIY Agus Priono mengatakan bahwa sektor ekonomi digital memiliki prospek bisnis yang sangat menjanjikan.
“Menyitir pernyataan Menteri Perdagangan, ekonomi digital akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Persentase PDB (Produk Domestik Bruto) pun akan meningkat menjadi 34% dan didominasi oleh e-commerce dan start-up,” ujarnya pada kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta itu.
Acara ini, lanjutnya, bertujuan untuk melakukan pitching/seleksi akhir perusahaan rintisan (start-up) digital yang tiga terbaik di antaranya akan memperoleh kesempatan untuk diikutsertakan pada Dubai Expo 2020 pada November yang akan datang.
Terdapat tujuh perusahaan rintisan yang lolos hingga tahap pitching ini dari total 15 perusahaan rintisan yang mendaftar. Proses kurasi/seleksinya sendiri dilakukan oleh DPPM DIY bekerja sama dengan Innovative Academy Universitas Gadjah Mada dengan mempertimbangkan dokumen administratif yang dikirimkan oleh peserta yang terdiri atas profil perusahaan, berkas presentasi, dan video pitch deck. 
Tujuh perusahaan rintisan yang lolos tersebut adalah Ruanghalal, Looyal, Roomansa, Full Drone Solution, Lister Technology, Kirana (Kios Rakyat Indonesia), dan UI Creative.
Sebelum pitching, para peserta mendapat materi singkat dari para panelis/juri yang berasal dari Dinas komunikasi dan Informatika DIY, Innovative Academy Universitas  Gadjah Mada, Inkubator Amikom, dan Block71. Hasil pitching akan diumumkan pada 2 Oktober 2021 melalui email peserta.
Melalui kegiatan ini diharapkan perusahaan rintisan di DIY akan terus tumbuh dan ekosistem bagi berkembangnya ekonomi digital akan terus berlanjut (sustain).