Informasi yang aktual dan akurat mengenai potensi investasi yang dapat dikembangkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah sangat diperlukan bagi daerah dan terutama bagi investor. Selain itu, dengan ketersediaan data dan informasi tentang potensi investasi yang actual dan akurat tersebut, pemerintah daerah dapat mempromosikan potensi daerahnya kepada para investor yang potensial untuk dijadikan mitra dalam rangka menumbuhkembangkan investasi di daerahnya dengan pesat. Di Kabupaten Bantul pada kenyataannya terdapat beberapa potensi investasi yang bisa dikembangkan seperti kawasan industri, PLTB yang sebetulnya telah mulai dirintis untuk dikembangkan. Berkenaan dengan hal tersebut, perlu dilakukan kajian yang berkualitas agar dapat dihasilkan data dan informasi yang didasarkan pada data dan analisis yang tepat sehingga data dan informasi hasil kajian ini menjadi sumber informasi yang akurat, baik untuk bahan pendukung kebijakan bagi daerah maupun data dan informasi yang memenuhi kebutuhan investor. Pada tahap awal di tahun 2019 diprioritaskan kajian untuk penyiapan potensi investasi yang siap jual di Kabupaten Bantul guna lebih mendorong perkembangan investasi di wilayah selatan sesuai kebijakan dalam RPJMD.

Maksud dari kegiatan kajian ini adalah menyediakan informasi yang aktual dan akurat tentang potensi investasi daerah Kabupaten Bantul dalam upaya mengakselerasi peningkatan pertumbuhan dan pembangunan perekonomian daerah di masa mendatang. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan kajian pengembangan potensi-potensi investasi unggulan di Kabupaten Bantul dengan nilai investasi diatas Dua Ratus Milyar Rupiah untuk digunakan sebagai bahan promosi investasi Kabupaten Bantul.

Hasil kajian berupa gambaran prospek investasi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Bantul, dibagi menjadi beberapa sektor, antara lain Potensi Proyek Investasi Sektor Pangan dan Pariwisata; Potensi Proyek Investasi Sektor Infrastruktur, Pendidikan, dan Ekonomi Kreatif; dan Potensi Proyek Investasi Sektor Energi dan Pariwisata. Beberapa potensinya antara lain Wisata kuliner ingkung Grujugan, Agrowisata di Ngajaran, Sirat, dan Dlingo, Setra kuliner Jayan, One Stop Shoping dan Rest Area Kawasan JJLS, Pengembangan Listrik Tenaga Hybrid Kawasan Pantai Samas-Pandansimo.

Daftar Rekomendasi Prioritas Pengembangan Potensi

Laporan Akhir

Published On: Tuesday, 5 April 2022 / Categories: Kajian Penyiapan Prospektus /

Hubungi Kontak Online Perizinan di DIY melalui :

Telp (0274) 453-8737