Bantul, Yogyakarta–Di era globalisasi seperti sekarang, peluang kerja sama antara pemerintah daerah di Indonesia dan pemerintah daerah atau lembaga di negara lain sangat terbuka lebar. Kerja sama seperti ini diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY menyatakan hal ini saat membuka rapat kerja teknis (rakernis) kerja sama luar negeri dengan tema “Potensi Kerja Sama Luar Negeri untuk Pengembangan Potensi Kabupaten/Kota di DIY”, Rabu (15 September 2021) pagi.

Agus kemudian memberikan contoh beberapa kerja sama teknis dengan mitra asing yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, di antaranya kerja sama teknis antara Dinas Kebudayaan DIY dan Melbourne Symphony Orchestra, Australia dengan penyelenggaraan Youth Music Camp bagi musisi muda DIY, dan kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY dan Singapore International Foundation dengan program perpustaakan keliling Words on Wheel.

“Banyak peluang kerja sama seperti ini yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY,” ujar Agus.

Rakernis yang dilaksanakan secara hibrida di Ruang Werkudoro DPAD DIY dan media Zoom meeting ini dihadiri oleh lebih dari 30 orang perwakilan Pemda DIY dan pemerintah kabupaten/kota se-DIY.

Tiga pembicara sebagai pemantik diskusi yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kementerian Dalam Negeri RI Heriyandi Roni, Koordinator Fungsi Subdirektorat Kawasan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Irvan Farchrizal, dan Kepala Subbagian Kerja Sama Daerah Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Setda Kota Yogyakarta Putut Purwandono.

Dua pembicara pertama menyampaikan banyak hal tentang urgensi dan mekanisme menjalin kerja sama dengan mitra asing yang potensial, sedangkan pembicara ketiga berbagi tentang dinamika kerja sama luar negeri yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta selama ini.

Melalui Rakernis Kerja Sama Luar Negeri ini  diharapkan Kabupaten/ Kota serta Perangkat Daerah terkait di Pemda DIY dapat lebih proaktif untuk menggali potensi yang dimiliki  untuk dikerjasamakan dengan mitra di luar negeri.

Published On: Monday, 20 September 2021 / Categories: Berita /

Hubungi Kontak Online Perizinan di DIY melalui :

Telp (0274) 453-8737