Yogyakarta – Mengakhiri rangkaian Bimbingan Teknis OSS RBA DPPM DIY di tahun 2021, pada Kamis, 25 November 2021 bertempat di Burza Hotel – Yogyakarta, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY melaksanakan Bimbingan Teknis Online Single Submission Risk Based Approach (Bimtek OSS RBA) Angkatan ke – 5.

Bimtek OSS RBA angkatan ke -5 ini dibuka langsung oleh Bapak Agus Priono, M.Ec., Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa OSS RBA adalah pintu gerbang transformasi ekonomi Indonesia. Sedikit banyak dapat disimpulkan; bahwa keberhasilan implementasi OSS RBA untuk menjadi sistem tunggal perizinan berusaha adalah kunci kemajuan ekonomi Indonesia ke depan. Aspek – aspek transparansi, akuntabilitas, kecepatan, ketepatan, konsistensi yang menjadi komponen – komponen standar pelayanan perizinan minimal untuk dapat mendukung indikator kemudahan berusaha, sebagian besar dapat dicapai dengan suksesnya implementasi OSS RBA. Tercapainya tujuan dari niat tersebut tentu saja membutuhkan prasyarat bahwa Infrastruktur serta suprastrukturnya harus diperkuat. Demi mencapai tujuan tersebut maka sosialisasi harus digencarkan, dalah satunya dengan mengadakan Bimbingan Teknis semacam ini.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya: Ibu Sri Damar Agustina, ST., MT. (Kasubdit Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Wilayah II, Direktorat Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang dari Kementerian ATR/BPN RI), Bapak Kurniawan Sanjaya, S.Si., MA. (Kepala Seksi Pembinaan Tata Ruang dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY), Ibu Amelia Apriliani (Tim Teknis OSS RBA dari PT Indosat Ooredo Tbk), serta Ibu Firna Hayyu Nindya Maritsa,SE.,M.E.K, (Personel Help Desk DPPM DIY dari PT Sucofindo).

Dengan mengusung tema “Peningkatan Pemahaman terhadap Aspek Ketataruangan dalam Proses Perizinan Berusaha Berbasis Resiko”, peserta yang dihadirkan meliputi multi unsur pemangku kepentingan seperti OPD Teknis di lingkup Pemda DIY dan Kabupaten Bantul dan Sleman, serta para pelaku usaha baik UMKM maupun Non UMKM DIY. Diharapkan melalui acara ini pemahaman para pemangku kepentingan sebagai pengguna / penerima hak akses OSS RBA menjadi lebih luas.

Ibu Sri Damar Agustina, ST., MT. dari Kementrian ATR/BPN RI  memberikan materi tentang tata ruang dan menanggapi permasalahan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ketataruangan yang dialami oleh OPD teknis serta para pelaku usaha sedangkan dari Bapak Kurniawan Sanjaya, S.Si., MA dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menjelaskan mengenai sistem Gistaru (https://gistaru.atrbpn.go.id/) yang dapat membantu para pelaku usaha untuk mengetahui RDTR kegiatan usaha yang dapat dilakukan pada lokasi tertentu. Berkanjut ke materi teknis aplikasi OSS RBA, Ibu Amelia Apriliani dari PT Indosat Ooredo Tbk melakukan kegiatan simulasi penggunaan aplikasi OSS RBA dan pemecahan permasalahan yang terkait dengan OSS RBA dan pada sesi akhir Ibu Firna Hayyu, personel help desk DPPM DIY membuka konseling dan Pendampingan teknis Aplikasi Sistem OSS RBA.

Acara ini sekaligus menjadi acara pamungkas Bimtek OSS RBA yang dilaksanakan 3 (tiga) kali selama 3 (tiga) hari sejak Selasa, 23 November 2021. Total 150 peserta dari ketiga Bimtek tersebut telah mendapat materi teknis aplikasi OSS RBA.

#ossrba #kemudahanberusaha

Published On: Sabtu, 27 November 2021 / Categories: Berita /

Hubungi Kontak Online Perizinan di DIY melalui :

Telp (0274) 453-8737