Jogjakarta – Selasa, 23 November 2021 bertempat di Burza Hotel – Yogyakarta, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY telah melaksanakan Bimbingan Teknis Online Single Submission Risk Based Approach (Bimtek OSS RBA) Angkatan 3.

Acara yang dilaksanakan sebagai bentuk langkah strategis sosialisasi sistem perizinan berusaha berbasis resiko (atau yang biasa disebut OSS RBA) ini adalah bimbingan teknis ketiga yang diadakan oleh DPPM DIY di sepanjang tahun 2021. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak A. Ruruh Haryata S.H.,S.T.,M.Kes Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPPM DIY mewakili  Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY ini mengawali rangkaian pelaksanaan 3 (tiga) kali bimbingan teknis yang akan dilaksanakan berturut – turut selama 3 (tiga) hari.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Muhammad Arsyad, ST., MT. dari Kementerian ATR/BPN RI, Bapak Indra Kurniansyah (Tim Teknis OSS RBA dari PT Indosat Ooredo Tbk), Ibu Firna Hayyu Nindya Maritsa,SE.,M.E.K, (Personel Help Desk DPPM DIY dari PT Sucofindo), Muhammad Dzulhanif Harahap, S.Si. (Kepala Bidang Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY). Bimbingan Teknis OSS ini dihadiri oleh OPD Teknis DIY dan Kota Yogyakarta, Pelaku UMKM DIY, dan Pelaku Non UMKM DIY sebagai sasaran utama pengguna / penerima hak akses OSS RBA.

Bapak Muhammad Arsyad, ST., MT. dari Kementrian ATR/BPN RI memberikan materi tentang tata ruang dan menanggapi permasalahan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ketataruangan yang dialami oleh OPD teknis serta para pelaku usaha pada era implementasi OSS RBA; sedangkan Bapak Muhammad Dzulhanif Harahap, S.Si dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menjelaskan mengenai sistem Gistaru (https://gistaru.atrbpn.go.id/) yang dapat membantu para pelaku usaha untuk mengetahui RDTR kegiatan usaha yang dapat dilakukan pada lokasi tertentu. Bapak Indra Kurniansyah dari PT Indosat Ooredo Tbk melakukan kegiatan simulasi penggunaan aplikasi OSS RBA dan pemecahan permasalahan yang terkait dengan OSS RBA serta Ibu Firna Hayyu, personel help desk DPPM DIY membuka konseling dan Pendampingan teknis Aplikasi sistem OSS RBA.

Menjadi harapan besar bersama bahwa dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis OSS RBA ini pemahaman para pemangku kepentingan menjadi lebih luas. Diharapkan para pelaku usaha yang hadir pun dapat melakukan proses perizinan OSS RBA secara mandiri setelah lebih memahami seluk beluk sistemnya. Pemerintah selaku regulator dan fasilitator pun dapat semakin memahami serta menginventarisir permasalahan dan hambatan pelaksanaan perizinan berusaha melalui OSS RBA untuk nantinya menemukan solusi yang tepat.

#ossrba #kemudahanberusaha

Published On: Sabtu, 27 November 2021 / Categories: Berita /

Hubungi Kontak Online Perizinan di DIY melalui :

Telp (0274) 453-8737